Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

9 Manfaat Kacang Kedelai
Kacang kedelai adalah salah satu jenis polong-polongan yang tinggi akan kandungan nutrisi baik untuk tubuh. Banyak sekali olahan kedelai yang bisa kita temui seperti susu kedelai, tahu dan tempe.Di negara-negara maju seperti Cina dan Jepang kedelai digunakan sebagai makanan wajib yang banyak dikonsumsi oleh penduduknya. Dan kita bisa melihat sendiri persentase kesehatan dari ke-2 negara tersebut.

Kacang kedelai terbukti memiliki ribuan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi kedelai setiap hari.

Simak apa saja manfaat kacang kedelai untuk kesehatan berikut ini :

1). Mencegah Anemia

Salah satu olahan kedelai yang tinggi gizi dan manfaat adalah tempe. Tempe berkhasiat untuk mencegah terjadinya anemia (kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah).Tempe tidak hanya kaya kandungan zat besi,namun juga bisa meningkatkan aktivitas vitamin B12 kaitannya dengan pembentukan sel darah merah.

2). Diabetes Melitus

Berkat kandungan vitamin B kompleks, serat dan asam aminnya menjadikan kedelai sangat baik dikonsumi oleh penderita diabetes. Kandungan seratnya akan membantu mengendalikan kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

3). Mencegah Kanker

Di dalam kacang kedelai terkandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga membuatnya ampuh dijadikan obat untuk mencegah berbagai macam kanker. Dan salah satunya ialah kanker payudara. Antioksidan tersebut mampu mengurangi radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas ini adalah salah satu faktor pemicu kanker.

4). Menjadikan Pencernaan Lebih Sehat

Kandungan serat larut yang ada di dalam kedelai, berfungsi untuk mempercepat proses pembuangan sisa makanan lewat saluran pencernaan.Live strong menyebutkan bahwa diet tinggi serat bermanfaat untuk menyehatkan pencernan dengan cara bang air besar secara normal. Selalu tambahkan kedelai di menu makanan anda sehari-hari untuk mencegah sembelit,kanker usus besar dan wasir.

5).
Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Sebuah penelitian membuktikan jika minyak kedelai sama sekali tidak mengandung kolesterol. Justru minyak kedelai menjadi sumber yang tinggi asam lemak tidak jenuh ganda, termasuk 2 asam lemak essensial yang dinamakan asam linolenat dan asma linoleat. Kedua asam lemak essensial tersebut akan berpengaruh pada tekanan darah dan kontraksi otot polos.

Kacang kedelai menjadi sumber serat larut, yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan berpotensi mencegah tubuh terserang penyakit jantung.


6).
Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Kedelai memiliki kandungan isoflavon yakni zat yang mempunyai struktur kimia dan sangat mirip estrogen. Pada usia lanjut kesehatan tulang sangat rapuh. Hal ini disebabkan penyerapan kalsium mulai melemah.Kadar estrogen tersebut akan menurun selama masa menopause dan isoflavon tersebut akan meringankan gejala menopause.Isoflavon berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang wanita dan memberikan perlindungan terhadap osteoporosis.

7). Menu Diet Sehat

Untuk anda yang memiliki berat badan berlebih dan berencana untuk menurunkan berat badan. Maka anda bisa mencoba kedelai. Kedelai bisa mengurangi nafsu makan seseorang, sehingga membantu dalam mengurangi kebiasaan buruk yaitu makan berlebihan. Makan berlebihan pastinya tidak baik untuk kesehatan dan meningkatkan resiko obesitas.

8). Meningkatkan Metabolisme Dalam Tubuh

Kedelai menjadi salah satu sumber protein nabati yang cukup tinggi. Ketika anda mengkonsumsi kedelai maka kebtuhan tubuh akan protein bisa tercukupi. Hal ini akan mendorong metabolisme menjadi lebih baik. Protein sendiri merupakan blok yang bermanfaat untuk membangun sel dan pembuluh darah.

9). Menjadi Anti Aging Alami

Sebagai salah satu makanan yang tinggi serat, kacang kedelai tentunya mengandung banyak antioksidan. Mengkonsumsi kedelai secara teratur mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Namun harus dibarengi dengan olahraga rutin dan pola hidup sehat.

Post a Comment for "9 Manfaat Kacang Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh"