Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Makanan Yang Terbukti Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol Secara Alami

Makanan Yang Terbukti Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol
Salah satu keluhan yang sering dialami oleh lansia adalah tingginya kadar kolesterol. Hal ini seringkali menjadikan kondisi tubuh sangat lemah. Bahkan kolesterol juga mampu meningkatkan beberapa resiko penyakit lain seperti stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes. Untuk itu, perlu adanya penanganan segera mungkin agar kolesterol tidak menimbulkan komplikasi penyakit lain.

Hal terpenting untuk mengontrol kadar kolesterol yang tinggi adalah mengendalikan jenis makanan yang dikonsumsi. Terdapat beberama makanan yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaganya agar tetap stabil. Sehingga kolesterol tidak menimbulkan penyakit lain yang berbahaya.

Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini :
  • Tomat
Jika biasanya tomat digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, maka kali ini tomat dimanfaatkan untuk mengatasi kolesterol. Beberapa kandungan baik dalam tomat mampu menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 1 gelas jus tomat setiap hari, supaya anda terhindar dari beberapa penyakit mematikan akibat tingginya kadar kolesterol.
  • Minyak Biji Rami
Salah satu jenis minyak yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah minyak biji rami. Di dalam minyak biji rami terkandung setidaknya 55% asam lemak omega-3 dan 45% serat. Tidak hanya itu saja, minyak biji rami juga mengandung kalium tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan darah dan jantung.


Anda bisa mengkonsumsi minyak biji rami untuk menggantikan asupan minyak yang biasa anda dapatkan dari kacang-kacangan atau biji-bijian.
  • Buah Alpukat
Buah alpukat merupakan buah yang tinggi akan kandungan lemak tak jenuh. Sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kadar lemak baik di dalam tubuh. Maka dari itu, jika anda ingin sehat rutinlah mengkonsumsi buah alpukat. Selain enak, buah alpukat juga bermanfaat untuk kesehatan.
  • Teh Hijau
Teh hijau memiliki khasiat yang sangat penting dalam menurunkan kadar kolesterol.Teh hijau mampu membuang semua kotoran dan limbah yang menjadi penyebab tingginya kolesterol dari dalam tubuh.Selain itu, tingginya kandungan antioksidan dalam teh hijau mampu menurunkan kadar LDL. Minumlah minimal 2 cangkir teh hijau per harinya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Buah Anggur
Buah-buahan yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol berikutnya adalah Anggur. Banyak orang yang belum mengetahui akan manfaat buah mungil ini. Konsumsilah 2 gelas jus anggur setiap hari. Maka akan membantu tubuh anda terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Ikan Salmon
Di dalam ikan salmon terkandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Asam lemak tersebut berkhasiat untuk meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh. Oleh karena itu, selalu masukkan ikan salmon di dalam menu makanan harian anda. Agar tingginya kolesterol dalam tubuh anda bisa diturunkan secara eefektif.
  • Buah Apel
Apel sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini berkat adanya kandungan pektin di dalam apel yang mamp menghambat oksidasi kolesterol sehingga jumlah kolesterol di dalam tubuh bisa diturunkan secara maksimal. Efek lain yang tidak kalah pentingnya adalah apel dapat meningkatkan kinerja antioksidan dalam tubuh untuk mencegah pembentukan plak pada saluran pembuluh darah dan memerangi radikal bebas. Konsumsilah apel sesudah makan agar kolesterol anda terkontrol dengan baik.
  • Bayam
Bayam merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat kaitannya dengan kadar kolesterol. Diantaranya adalah mencegah tingginya kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan jumlah produksi kolesterol baik.Hal ini yang menjadikan bayam mampu mengontrol kadar kolesterol dalamtubuh agar tetap stabil.

Post a Comment for "8 Makanan Yang Terbukti Ampuh Menurunkan Kadar Kolesterol Secara Alami"