Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Makanan Yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi

6 Makanan Yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi
Serat merupakan karbohidrat yang tak bisa dicerna secara langsung oleh tubuh. Serat terbagi menjadi 2 yakni serat tidak larut dan serat larut. Serat larut merupakan jenis serat yang larut di dalam air. Jenis serat ini berfungsi untuk menurunkan kolesterol, membantu mengenyangkan tubuh lebih lama dan mencegah diabetes. Beberapa sumber dari serat larut ialah kacang-kacangan, oatmeal dan buah apel.

Sementara itu, serat tidak larut adalah jenis serat yang tidak bisa larut di dalam air. Serat ini berfungsi untuk membawa makanan melewati sistem pencernaan, sehingga mampu mencegah sembelit. Sumber serat tidak larut adalah wortel, kacang-kacangan, beras merah dan tomat.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, setiap orang membutuhkan 20-30 gram asupan serat setiap harinya.

Berikut ini merupakan makanan yang kaya akan kandungan serat :

1). Pepaya

Pepaya merupakan buah yang sangat efektif dalam melancarkan buang air besar. Karena pepaya kaya akan kandungan air dan serat.Buah yang satu ini sering kali dipakai sebagai menu diet sehat, sebab tidak hanya tinggi serat namun juga mengandung beragam nutrisi penting untuk tubuh. Sangat dianjurkan agar anda rutin mengkonsumsi pepaya untuk menghindari sembelit.

2). Apel

Apel adalah salah satu buah yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Apel memiliki kandungan asam organik, serat larut dan kalium. Sumber serat apel tidak hanya dari daging buahnya saja, akan tetapi di kulitnya juga. Oleh karena itu, dianjurkan agar mengkonsumsi apel yang tidak dikelupas kulitnya. 1 buah apel dengan ukuran biasa mengandung serat sekitar 4.4 gram.

Tidak hanya kaya akan serat, apel juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Kandungan pektin yang terdapat pada kulit apel bermanfaat untuk menyerap kelebihan air pada usu, membersihkan racun dari tubuh, mencegah terjadinya karies gusi dan gigi, meningkatkan HDL dan menurunkan kolesterol.

3). Oatmeal

Anda bisa menambah asupan serat harian, dengan cara mengganti menu sarapan anda dengan oatmeal.Oatmeal menjadi salah satu makanan paling efektif untuk menurunkan kolesterol. Karena tinggi akan kandungan serat larut. Selain itu, oatmeal juga menjadi sumber energi dan mineral sehingga anda tetap bertenaga sepanjang hari. Dengan rutin mengkonsumsi oatmeal setiap hari sangat bermanfaat untuk melancarkan BAB.

4). Buah Pir

Pir mentah sangat baik di konsumsi sehari-hari. Tingginya kandungan serat dalam pir tidak hanya menyehatkan pencernaan saja, akan tetapi juga bermanfaat untuk membuat anda cepat kenyang. Pir hijau memiliki kandungan pektin, kalium, Vitamin C dan magnesium. Pir hijau adalah jenis buah yang tinggi serat yaitu setiap 100 gram buah mengandung 2.3 gram serat.

Pir hijau bermanfaat untuk meredakan batuk sebagai antioksidan,melancarkan proses pencernaan, meredakan panas dalam, dan mencegah konstipasi. Anak-anak sangat disarankan untuk mengkonsumsi pir hijau karena kandungan seratnya yang sangat tinggi.

5). Beras Merah

Beras merah adalah jenis makanan yang cukup efektif dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan serat larut di dalam beras merah. Serat tersebut akan membantu melancarkan BAB dan meringankan sembelit. Secangkir beras merah memiliki kandungan serat sebanyak 3,5 gram atau sekitar 14% kebutuhan serat harian. Selain itu, beras merah juga bisa digunakan sebagai penambah darah karena mengandung zat besi yang sangat tinggi.

6). Kentang

Kentang adalah salah satu makanan yang tinggiserat.Mengkonsumsi kentang adalah cara termudah untuk mencukupi kebutuhan serat harian. Serat makanan yang terkandung dalam kentang berfungsi untuk mengurangi penyerapan kolesterol makanan, mencegah sembelit dan menurunkan kolesterol jahat. Bahkan serat tersebut juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit kanker, polip dan usus. Di dalam 100 gram kentang terkandung serat sebanyak 3 gram.

Post a Comment for "6 Makanan Yang Memiliki Kandungan Serat Tinggi"