Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengobati Batuk Secara Alami

Tips Mengobati Batuk Secara Alami
Cara mengobati batu berdahak yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah minum obat dari dokter atau apotek. Bahkan ada juga orang yang membiarkan batuk dan meyakini jika batuk tersebut akan sembuh sendiri. Salah satu cara mengobati batuk secara alami adalah menggunakan bahan-bahan alami. Pemakaian bahan alami dalam mengobati batuk tidak memiliki efek samping dan terbukti mampu mengobati batuk dengan cepat.

Walaupun batuk berdahak adalah penyakit ringan, namun sangat mengganggu aktivitas apabila tidak segera diobati.Nah, pada artikel kali ini admin akan membeikan beberapa Tips Mengobati Batuk Berdahak Secara alami. Ada yang memanfaatkan jahe, jeruk nipis, belimbing wuluh dan masih banyak lagi.

Langsung simak ulasannya berikut ini :
1). Mengobati Batuk Dengan Jeruk Nipis

Sudah sejak lama jeruk nipis dikenal sebagai ramuan tradisional yang sangat ampuh dalam mengobati berbagai jenis batuk. Cukup dengan mencampurkan perasan air jeruk nipis dengan beberapa bahan alami lain untuk menggunakannya sebagai obat batuk.

Yang pertama dengan mencampurkan perasan jeruk nipis, air matang dan madu.

Caranya adalah :
  • siapkan terlebih dahulu 3 sendok makan madu asli, 
  • 5 sendok makan air putih, 
  • dan 1 sendok makan perasan jeruk nipis. 
  • Tim bahan-bahan tadi selama 30 menit. 
  • Minumlah ramuan ini 1 sendok teh 2x sehari.
Yang kedua adalah mencampurkan kecap dengan air jeruk nipis. Kemudian minum 1 sendok teh 2x sehari.

2). Belimbing Wuluh

Khusus untuk anda yang belum mengetahui Belimbing Wuluh, buah ini berukuran kecil persis seperti belimbing, rasanya masam dan berwarna hijau. Buah ini sangat efektif dijadikan obat batuk berdahak untuk anak-anak dan orang dewasa. Cara membuat ramuaanya dengan mencampurkan beberapa butir adas, belimbing wuluh, secangkir air dan sedikit gula. Lalu rebuslah beberapa bahan tadi,tunggu hingga dingin lalu saring airnya. Minum ramuan ini 2x sehari sampai batuk berdahak anda sembuh.

3). Kemangi

Tidak hanya mempunyai wangi yang sangat khas, Daun kemangi juga bisa digunakan sebagai bahan ramuan alami untuk mengobati batuk berdahak. Cara membuat ramuannya adalah, Pertama-tama siapkan 2-3 lembar daun kemangi dan 1-2 gelas air putih, lalu rebus menjadi satu. Segera minum ramuan ini selagi masih hangat. Lakukan pengobatan ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

4). Kunyit

Obat batuk alami berikutnya adalah kunyit. Sejak dahulu kala kunyit diyakini sebagai rempah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.Salah satunya adalah mengobati batuk berdahak.Caranya cukup mudah yakni, Siapkan satu gelas susu hangat, kemudian tambahkan madu dan kunyit yang sudah ditumbuk. Aduk hingga merata kemudian minum. Ramuan kunyit ini dipercaya sebagai obat batuk yang efektf.

5). Teh Jahe

Tidak hanya kunyit saja yang bisa mengobati batuk berdahak secara alami,Jahe pun juga demikian.Campurkan irisan jahe dengan secangkir teh. Teh jahe sangatlah ampuh dalam mengobati batuk berdahak, bahkan sudah digunakan oleh masyarakat asia sejak lama.Yang harus diingat adalah jangan menambahkan gula didalamnya, sebaiknya anda menambahkan madu saja (tambahkan madu saat sudah dingin). Konsumsilah teh jahe 2x sehari untuk mendapat hasil maksimal.

6). Daun Asam Muda

Siapa sangka jika daun asam muda berfungsi sebagai obatalami batuk kering.Pertama-tama siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yaitu gula batu secukupnya, kayu manis, daun asam muda sebanyak setengah genggam, serta daun saga manis. Campur bahan tadi dan rebuslah diatas api kecil hingga mendidih. Setelah mendidih angkat dan saring air rebusannya. Ramuan pun sudah siap untuk di minum.

7). Bunga Mawar

Tidak hanya memiliki tampilan cantik dan menawan. Ternyata di dalam bunga awar terkandung khasiat yang luar biasa. Buah mawar juga bermanfaat untuk mengobati batuk. Caranya adalah siapkan kira-kira 10gram bunga mawar, lalu tim menggunakan air secukupnya, tambahkan juga gula batu sesuai dengan selera. Minum ramuan ini 2x sehari.

Post a Comment for "Tips Mengobati Batuk Secara Alami"