Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Terhindar Dari Berbagai Penyakit Mata

Menjaga Kesehatan Mata
Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang,hal ini agar mata mereka bisa melihat dengan jernih dan terhindar dari berbagai penyakit mata sampai tua nanti. Mata merupakan organ tubuh yang sangat berharga,karena dengan mata kita bisa menjalankan berbagai aktivitas dengan normal. Untuk menjaga kesehatan mata tidak harus mengeluarkan biaya mahal dan rutin pergi ke dokter, namun hal-hal sederhana seperti makanan, gaya hidup sudah cukup untuk menjaga kesehatan ma

Mau tau apa saja tips nya? simak ulasan lengkapnya berikut ini :
  • Rutin Minum Teh
Teh adalah minuman dengan berbagai manfaat super untuk kesehatan tubuh, salah satunya ialah mencegah berbagai penyakit mata seperti rabun dan katarak. Hal ini berkat tingginya kandungan senyawa antioksidan yang ada di dalam teh. Selain itu minum teh tanpa gula diyakini mampu mengendalikan kadar gula dalam darah agar tetap stabil. Uji coba dilakukan pada seekor tikus, faktanya setelah tikus tersebt rutin minum teh maka kesehatan mata dan lensa matanya tetap jernih.
  • Tidak Melihat Langsung Cahaya Terang
Tips menjaga kesehatan mata yang ke-2 adalah tidak melihat langsung cahaya terang. Mungkin anda sudah mengetahui, jika secara langsung melihat cahaya sangat terang mampu merusak mata. Misalkan saja, ketika anda di tempat pengelasan besi, jika terus-menerus melihat kilatan cahayanya maka lambat laun indra pengelihatannya menjadi kurang baik. Maka dari itu seorang tukang las selalu memakai alat pelindung mata saat mengelas.
  • Jauhkan Diri Dari Asap Rokok
Salah satu bahaya asap rokok untuk kesehatan adalah membahayakan kesehatan mata, yaitu meningkatkan resiko untuk terkena katarak. Di dalam asap rokok terkandung nikotin yang cukup berbahaya Termasuk zat kimia lain yang akan merusak kebersihan mata. Untuk itu,selalu hindari asap rokok mulai dari sekarang agar kesehatan mata anda tetap terjaga.
  • Hindari Bermain Komputer Dalam Waktu Yang Lama
Tahukah anda jika terlalu lama menatap layar komputer bisa merusak mata anda, hal ini terjadi disebabkan oleh efek radiasi yang dikeluarkan oleh monitor komputr yang secara langsung menuju ke mata anda. Jika memang ada tugas yangharus diselesaikan menggunakan komputer,usahakan untuk mengatur jarak monitor dan mata sedikit lebih jauh agar efek radiasinya berkurang.
  • Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Akan Vitamin C
Antioksidan adalah bahan yang dapat mencegah terjadinya stress oksidatif. Prosses ini dikarenakan masuknya zat radikal bebas ke dalam tubuh. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan antioksidan terdiri atas vitamin C. Ini merupakan jenis vitamin yang mampu menghalangi terbentuknya katarak. Sehinga sangat disarankan supaya mengkonsumsi minimal 250 mg Vitamin Cper hari untuk mencegah katarak. Sumber-sumber makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ialah jeruk, jambu merah, kiwi, sayuran hijau, paprika dan papaya.
  • Jangan Membaca Di Tempat Redup
Dengan membaca di tempat redup, hal ini mampu merusak kesehatan mata anda. Saat anda membaca buku di tempat yang kekurangan pasokan cahaya maka mata anda lebih cepat lelah,karena mata anda harus fokus melihat bacaan yang kurang jelas.Segeralah berhenti membaca jika mata anda sudah merasa lelah.
  • Batasilah Konsumsi Garam
Hampir seluruh orang selalu memakai garam untuk bumbu masakan saat memasak.Akan tetapi,kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatantubuh anda terutama mata.Cobalah untuk mengurangi jumlah konsumsi garam mulai dari sekarang.Beberapa camilan dan snack juga tinggi kandungan garam.Garam mampu meningkatkan resiko katarak, sebab memicu perkembangan penyakit lain seperti gangguan fungsi ginjal dan gejala diabetes.

Post a Comment for "7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Terhindar Dari Berbagai Penyakit Mata"