Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permainan Apa Saja Yang Cocok Untuk Si Superbaby Yang Tepat Dengan Usianya

Permainan Apa Saja Yang Cocok

  • USIA O - 2 bulan

Ketika bayi lahir, salah satu tugas penting dari 2 bulan pertama awal kelahiran adalah untuk membantu bayi merasa nyaman di dunia barunya. Bayi akan belajar menyesuaikan makan dan pola tidur serta emosinya. Buatlah mereka merasa nyaman dan terjaga. Pada kondisi seperti ini, Anda dapat mengamati dengan hati-hati, bahwa pada saat seperti ini dapat membantu menunjukkan sosok anda kepada bayi ketika mereka menangis, mereka akan mengatakan kepada Anda.

Gerak tubuh, suara, dan ekspresi mukanya menyampaikan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Hal itu merupakan cara berkomunikasi bayi kepada Anda. Respon Anda akan membuatnya merasa penting. Dan pada usia ini ajaklah bayi mendengar bunyi sumber suara, seperti mengajaknya berbicara, menyanyikan lagu untuknya, dan memperlihatkan objek penting, misalnya Anda atau orang terdekat.
  • USIA 3 - 6 BULAN 
Yang perlu diketahui oleh Supermom juga, pada periode yang sangat awal ini, merangsang penglihat, peraba, pencium, dan pendengar penting untuk perkembangan otaknya seperti mengikuti aktivitas bermain sambil gym atau aktivitas motorik. Kegiatan ini membantu bayi belajar sebab-akibat, misalnya ia dapat menggapai mainan yang terjuntai di atasnya bila ia duduk dan merentangkan tangannya ke atas.

Selain itu, bermain belajar mengenal anggota tubuh dari cermin juga seru. Anda menunjuk lalu mengucapkan bagian tubuh apa secara jelas dan perlahan. Misalnya ”ini apa? (sambil menyentuh matanya) ini mata."

Meski ia masih dalam tahap bergumam atau bubble, perlahan ia belajar mengucap satu akhiran kata, misalnya ”ta" dari "ma-ta". Bayi pun bisa mempelajari anggota tubuh dan belajar bicara.

Diskusikan pada dokter ketika ia belum bisa bergumam dan tidak mau kontak mata dengan Anda atau perkembangannya tidak ada perubahan hinesza usianva 6 bulan.
  • USIA 6 - 9 bulan
(Permainan Petak Umpet)
Pencapaian kekonstanan atau objek permanen sebuah benda bisa diraih pada periode usia ini. Maksud dari konstan yaitu pemahaman bahwa benda sebenarnya tetap ada walaupun tidak terlihat. Umumnya, bayi akan berusaha terus mencari, menemukan benda yang disembunyikan. Berhubung dia sedang belajar merangkak, tentu bayi akan mencari dengan cara merangkak. Biarkan ia merangkak sesukanya.
Akltivitas ini dapat menstimulasi koordinasi otak kiri dan kanannya. Bermain Cilukba, menutup benda dengan sapu tangan, atau sembunyi di bawah selimut bisa permanen. Tidak ada salahnya Supermom berkonsultasi dengan dokteranak, ketika usianya mencapai 9 bulan dan si baby tidak merespon Anda, tidak mengeluarkan suara seperti ”d-d-d" atau ”m-m-m", bahkan tidak tertarik sama sekali dengan mainan apapun.
  • USIA 9 - 12 BULAN 
(Permainan kreatif))
Supermom, dalam periode ini terjadi peningkatan mobilitas dan pengenalan lingkungan sekitar. la semakin aktif dan cenderung mencoba memberikan stimulus pada orang Iain. Misalnya ia mulai menarik perhatian Anda dengan menarik-narik pakaian Anda, menggapai dan mengambil barang-barang disekitarnya, atau meniru suara Anda. la paham situasi yang ia rasakan.

Kalau ia merasa sedang tidak mendapat perhatian Anda, ia langsung mencari perhatian Anda. ldenya sangat fantastis! Memanfaatkan situasi ini, Anda bisa mengajaknya bermain yang menstimulasi kreativitasnya serta mengenalkan perintah-perintah sederhana. Misalnya meminta dia menyusun balok kemudian meruntuhkannya, menaruh barang ditempatnya, atau bermain tepuk-tepuk tangan sambil bernyanyi. Kira-kira bangunan seperti apa yang dibuatnya atau bagaimana ritme tepukannya?

Supermom dapat mencoba melakukan hal-hal dibawah ini nih...
Silahkan dipraktekkan ya Supermom Superdad yang sangat antusias melihat Superbaby mereka tumbuh dengan cerdas dan optimal.

Post a Comment for "Permainan Apa Saja Yang Cocok Untuk Si Superbaby Yang Tepat Dengan Usianya"