Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ANAK BUTUH PERHATIAN DAN GIZI LEBIH PADA SAAT SAKIT

ANAK BUTUH PERHATIAN
Pada saat sakit, biasanya anak rnenjadi lebih manja daripada biasanya. Sering rnerengek dan rnenangis, tidak rnau rnakan, bahkan minta makanan atau mainan yang belurn dirniliki. Beberapa orang tua rnenganggapnya sebagai kesempatan si kecil untuk manja mumpung sedang sakit. Bukankah setelah minum obat dari dokter ia akan sernbuh dan ticlak rewel lagi.Akhirnya, si kecil dituruti semua keinginannya karena masih sakit.

Sebaliknya, ada orang tua yang malah rnennarahi si kecil yang rewel tidak mau makan dan minum obat. Meskipun si kecil merengek, orang tua tegas tidak mau menuruti keinginannya. Sebaiknya apa yang harus dilakukan?

Anak yang sakit sebenarnya bukan hanya badannya saja yang terserang penyakit, rnelainkan juga emosi dan perasaannya terganggu. Gejala sakit yang tinnbul biasanya bukan merupakan faktor tunggal inkubasi penyakit, melainkan juga bernubungan dengan faktor emosi clan perasaan. wajar bila si keci| lebih rewel. ltu bukan sennata-nnata manja, tetapi secara naluriah si kecil rnencari rasa nyaman,aman, dan sayang untuk rnendorong kesernbuhannya.Tentunya orang tua bukan lantas menggendongnya seharian penuh.

Lakukan secukupnya saja terutama pada saat dia rnerengek clan rnengangis, lalu ajak ke ternpat tidur untuk berrnain atau bercerita untuk mengalinkan pernatiannya. Belaian clan pelukan orang tua me-mpunyai kekuatan penyembuh yang luar biasa. Pada saat dernam, pelukan orang tua rnernindahkan panas bayi ke orang yang memeluk. Sebagairnana prinsip konduksi, yaitu perpindanan panas dari

suhu yang lebih tinggi ke suhu yang lebih rendah. Demikian pula pijatan lembut di sekitar dada dan punggung menirnbulkan relaksasi pada otot pernafasan sehingga rneringankan gejala batuk. Pijatan lembut di daerah perut bisa rneringankan gejala sakit perut. Pemberian obat-obatan saja tidak cukup karena hanya menyennbuhkan gejalanya saja. Mental yang senat nnendorong tubuh sehat secara alanni, sebaliknya fisik yang sehat membuat anak lebih nyaman dan bahagia.

Orang tua makin pusing jika anak rewel tidak rnau makan? Padahal obat yang diberikan dokter harus diminum setelah makan. Orang tua pun seclih jika si kecil memuntahkan nnakanannya sehingga kondisinya semakin lemah. Nafsu makan yang turun pada saat terserang penyakit rnerupakan indikasi anak sedang terinfeksi oleh virus. 

Badan menjadi lesu, mulut terasa pahit, dan perut mual. Hal ini yang selalu terjadi pada orang dewasa yang terserang flu atau muntah diare.Yang pasti, virus tidak dapat dihiiangkan dengan obat. Daya tahan tubuh yang akan merneranginya. Ayah dan bunda narap bersabar.

Sebenarnya, anak merasa lapar saat sakit. Bila anak minta rnakanan atau minuman yang di luar kebiasaan, itu merupakan usaha si kecil agar tetap berselera rnakan. Sebaiknya, dituruti saja asalkan bukan rnakanan atau nninurnan yang rnenyebabkan sakitnya rnakin parah. 

Ketika infeksinya rnereda, selera makan anak akan berangsur rnembaik. Selarna proses penyembuhan, asupan makanan bernutrisi harus selalu terpenuhi. Pada dasarnya, pilihan rnakanan mengacu pada komposisi gizi seimbang yan terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lernak. Narnun, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan makanan yang sesuai untuk setiap penyakit.

Post a Comment for "ANAK BUTUH PERHATIAN DAN GIZI LEBIH PADA SAAT SAKIT"