Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tips Menyembuhkan Demam Secara Alami

Menyembuhkan Demam 

Saat tubuh kita mengalami demam,biasanya kita akan malas untuk melakukan berbagai aktivitas.Seperti malas berjalan, malas makan bahkan tidur saja kita tidak nyenyak. Banyak hal yang bisa memicu seseorang terkena demam. Diantaranya adalah tubuh mengalami kelelahan, tertular penyakit, adanya infeksi dalam tubuh dan lain sebagainya.

Biasanya seseorang cenderung pergi ke dokter atau Puskesmas ketika demam, hal ini dilakukan karena rasa sakit yang sudah tak tertahankan dan ingin segera sembuh. Memang tidak ada masalah jika kita demam langsung pergi ke dokter. Namun tidak ada salahnya juga untuk mencoba menyembuhkan demam secara alami. Selain harganya murah cara-cara berikut ini sangat mudah diterapkan.

Mau tau apa saja caranya? simak selengkapnya berikut ini :

1). Mengkonsumsi Sup Hangat

Sebuah penelitian membuktikan jika bahan-bahan yang terdapat di dalam sup ayam mampu mengurangi pembengkakan di rongga hidung. Dengan demikian, proses penyembuhan akan berjalan lebih cepat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksiml anda bisa menambahkan beberapa bahan yang kaya akan proteindan mudah dicerna tubuh. Misalnya sayuran, daging ayam dan telur.

2). Minum Jus Buah

Kandungan yang terdapat di dalam buah-buahan mampu menjadikan tubuh kita tetap terhidrasi. Salah satu buah yang baik dikonsumsi adalah buah nanas. Nanas mengandung antiperadangan alami yang bisa membantu tubuh dalam meredakan demam. Anda bisa membuat jus nanas untuk mencegah terjadinya dehidrasi

3). Mandi Menggunakan Air Hangat


Mandi menggunakan air hangat dipercaya mampu menurunkan demam dan membantu merileksasikan tubuh kita. Mandi menggunakan air hangat juga bermanfaat untuk membunuh bakteri dan organisme merugikan tubuh. Sebaiknya anda tidak mandi menggunakan air dingin ketika demam. Hal ini disebabkan mampu mempercepat aliran darah di organ dalam dan membuat panas tubuh semakin tinggi.

4). Air Seledri

Air seledri mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh dan salah satunya adalah menurunkan demam serta menjadikan tidur anda terasa lebih nyaman. Cara membuat ramuannya juga sangat mudah, masukkan seledri ke dalam setengah lier air mendidih kemudian tunggu hingga 15 menit. Setelah itu saring airnya kemdian tambahkan sedikit madu. Minum ramuan ini secara rutin agar demam anda bisa sembuh lebih cepat.

5). Mengkonsumsi Vitamin C

Ketika tubuh anda mulai merasakan gejala demam, sebaiknya anda segera mengkonsumsi Vitamin C. Vitamin C berkhasiat untuk meningkatkansistem imun dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi vitamin C di awal-awal demam,hal ini bisa mencegah demam menjadi lebih parah.

6).
Makan Makanan Pedas

Cabe memiliki kandungan senyawa kimia berupa Capsaicin yang mempunyai sifat pedas. Ketika kita mengkonsumsi makanan pedas saat demam, hal ini bisa mengeluarkan keringat dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sehingga suhu panas dalam tubuh bisa turun dengan efektif.

7).
Minum Teh, Madu, Dan Lemon

Salah satu minuman yang tidak kalah bermanfaat untuk menurunkan demam yaitu teh madu lemon. Kombinasi dari ke-3 bahan alami ini mampu memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh karena kaya akan kandungan antioksidan. Selain kaya akan manfaat, kombinasi dari teh madu dan lemon terasa sangat lezat.

8). Meminum Teh Jahe

Jahe dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk membuka pori-pori tubuh sehingga keringat akan keluar dengan lancar.Hal ini mampu menurunkan demam.Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk meredakan flu yang anda derita.

9). Banyak Minum Air Putih

Untuk menghindari terjadinya dehidrasi dalam tubuh ketikademam, sebaiknya anda minum air putih yang banyak. Anda harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan cara minumair putih minimal 2 liter per hari. Hal ini dilakukan agar proses penyembuhan bisa terjadi lebih cepat.

Post a Comment for "9 Tips Menyembuhkan Demam Secara Alami"