Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Berhenti Merokok

Tips Berhenti Merokok
Kali ini kita akan sharing beberapa cara agar bisa berhenti merokok dengan muda cara agar berhenti merokok memang bagi sebagian orang terutama yang sudah terlalu lama kecanduan akan merokok merupakan hal yang begitu sulit untuk meninggalkan kebiasaan merokok

Mereka yang dulunya merupakan perokok berat kenapa bisa berhenti karena pondasi terkuat yang menjadi penyebab bisa berhenti merokok bagi mereka adalah Niat yang sungguh – sungguh dan berjuang sampai berhasil serta mampu menahan diri mereka untuk tidak melirik batangan – batangan mematikan tersebut Agar bisa berhenti merokok memang tidak semudah membalikkan telapak tangan kalau dari dalam hati anda tidak mendukung untuk berhenti merokok. Langkah – langkah untuk bisa berhenti merokok bisa dengan mudah anda terapkan dari pada harus mengeluarkan isi dompet samapi jutaan rupiah hanya untuk membeli obat yang di percaya bisa menghentikan kebiasaan merokok anda.

Tentunya dilakukan step by step atau setahap demi setahap agar bisa berhenti merokok secara total ada beberapa langkah yang bisa anda terapkan agar kebiasaan buruk merokok bisa berhenti dengan mudah. Berikut tips cara berhenti merokok yang bisa anda praktekan di rumah masing – masing:
  • Niatkan dengan Tekad dalam hati
Lalu pegang teguh niatan anda tersebut kemudian action melakukan tahapan berikutnya Berniatlah dengan tekad bahwa anda ingin berhenti merokok.
  • Kurangi jumlah konsumsi rokok sedikit demi sedikit
Maka kurangi hanya merokok 2 batang batang saja dalam sehari, jika biasanya anda mampu menghabiskan 1 bungkus dalam sehari, lakukan secara rutin sampai benar – benar tidak lagi merokok Oleh sebab itu untuk mengakalinya anda bisa mengurangi jumalah rokok yang anda konsumsi setiap harinya sebagian orang memang tidak bisa meniggalkan rokok secara total apalagi jika sudah lama sekali menjadi perokok aktif.
  • Cari Pengganti rokok Seperti permen dan lainnya
Misalkan anda bisa mengulum permen karet dan permen lainnya, apel, saledri dan lainnya atau anda juga bisa memakan makanan berkalori rendah seperti wortel, ketika ingin berhenti merokok anda harus menyiapkan pengangganti rokok tersebut. Atau jika memungkinkan anda juga bisa menghisap kayu siwak pembersih gigi hal ini akan bisa menggantikan kebiasaan anda menghisap batangan rokok
  • Carilah kesibukan 
Carilah kesibukan dengan hal-hal yang anda sukai dan cobalah untuk tidak meninggalkan banyak waktu untuk menyendiri sehingga terpikir keinginan untuk merokok terutama di hari-hari awal anda mencoba. Juga, berjalan atau berseped cobalah untuk mengalihkan keinginan tersebut dalam kegiatan yang intens, misalnya dengan melakukan beberapa kegiatan olahraga.
  • Kunjungi tempat tanpa asap rokok
Seperti perpustakaan atau toko buku cobalah untuk menghabiskan berjam-jam sehari di tempat dimana merokok tidak diperbolehkan. Pilihlah non-smoking are jika anda mengambil istirahat untuk duduk minum kopi bersama teman-temana
  • Mengganti rokok (nikotin) dengan yang lain
Mungkin awalnya akan sulit tapi jika dibiasakan, lama-lama juga akan terbiasa Banyak yang bilang "wis mangan ora udud enek". Selain itu orang biasa merokok setelah selesai makan biasanya orang-orang akan merokok dipagi hari ditemani dengan segelas kopi. Coklat, dsb jika anda termasuk kedalam kategori orang-orang seperti itu, bisa dengan perment karet, makan mulai dari sekarang, gantilah rokok dengan makanan lain.
  • Tetap Berfikir Positif
Maka jangan anggap itu sebagai pengorbanan jika anda berniat untuk berhenti merokok. Anggaplah hal tersebut sebagai langkah untuk meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat
  • Sibukkan diri setelah makan
Dengan melakukan cara itu dapat melupakan keinginan merokok setelah makan. Menghilangkan kebiasaan seperti itu dapat dengan cara setelah makan langsung menggosok gigi dan sebaginya. Namun jika sudah bertekad kuat untuk berhenti merokok, banyak para pecandu rokok yang bahkan setelah makan mereka sering menghisap rokok, Anda harus benar–benar berhenti. Meskipun cara ini agak berat, jika sudah bertekad kuat dan melakukan dengan rutin secara bertahap mungkin akan terbiasa.
  • Konsultasi dengan dokter
Terkadang dokter atau ahli kesehatan memiliki sebuah resep yang dapat menghilangkan ketergantungan terhadap nikotin yang terkandung dalam rokok Bertanyalah kepada dokter atau ahli kesehatan mengenai bagaiman cara berhenti merokok. Mungkin puskesmas bisa membantu

Kata penutup :


Berusahalah selalu jangan putus asa sampai anda menjadi pemenangnya melawan ganasnya ancaman rokok bagi kesehatan tubuh anda. Bila si pelaku tidak ada usaha dan niat yang serius untuk berhenti merokok maka tulisan ini tidak akan berarti apa – apa untuk mencegah kebiasaan merokok and betapapun tulisan diatas dikemas dengan baika Semoga delapan cara agar bisa berhenti merokok dengan mudah ini bermanfaat untuk anda. 

Demikian tips ataupun langkah yang bisa anda terapkan dirumah atau dimanapun berada jika ingin segera berhenti merokok, mungkin efek merokok tidak akan anda rasakan saat ini tapi nanti di usia lanjut anda akan sangat tersiksa sekali karena efek merokok di usia muda ingatlah akan pentingnya kesehatantubuh. Terlebih lagi jika merokok di usia lajut maka akan sangat mudah sekali terancam penyakit mematikan akibat rokok.

Post a Comment for "Tips Berhenti Merokok"