Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Olahraga Bagi Ibu Hamil

Ada beberapa jenis olahraga yang diperpolehkan bagi ibu hamil dan ada juga beberapa macam jenis olahraga yang dilarang dilakukan oleh ibu hamil. Kita juga mengetahui akan banyak manfaat olahraga bagi ibu hamil itu sendiri. Untuk itulah pentingnya untuk para ibu hamil mengetahui akan beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil yang tepat sehingga para ibu yang sedang dalam masa kehamilan akan bisa terjaga kesehatannya demikian pula dengan kesehatan janin di dalam perutnya.

Tujuan manfaat olahraga ibu hamil seperti yang dilansir dari sebuah studi dan penelitian yang dilakukan oleh The American College of Obstetricians and Gynecologists, berolahraga saat hamil akan bisa memberikan manfaat dan fasdahnya dalam hal untuk meningkatkan energi, melegakan konstipasi, kram kaki, kembung dan bengkak, meningkatkan semangat, relaksasi, menjaga postur tubuh dan kualitas tidur, membangun massa otot, mengkontrol penyakit diabetes (DM), melawan sakit punggung, menambah stamina saat persalinan, serta membantu tubuh kembali ke bentuk semula lebih cepat setalah menjalani proses melahirkan itu sendiri.

Manfaat Dan Jenis Olahraga Bagi Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa olahraga untuk ibu hamil yang dianjurkan yaitu :

Berjalan Kaki.
Melakukan aktifitas olahraga dengan jalan kaki adalah merupakan aktifitas yang ringan dan mudah untuk dilaksanakan oleh para ibu hamil. Dan jalan kaki merupakan olahraga favorit juga bagi para ibu hamil. Bagi para ibu yang sedang dalam masa kehamilannya, walaupun jarang untuk berolahraga, maka berjalan kaki sekitar rumah merupakan awal yang baik. ibu akan banyak merasakan manfaat olahraga kardiovaskular ini tanpa mengalami banyak tekanan di lutut dan juga pada pergelangan kaki. Bahkan para ibu juga bisa melakukannya di mana dan kapan saja selama sembilan bulan penuh menjalani masa kehamilan.

Berenang.
Banyak juga manfaat berenang untuk ibu hamil ini selain juga banyak manfaat berenang pada umumnya yang bisa diperoleh bagi orang yang senang dalam aktifitas olahraga berenang. Menurut dokter kandungan di Arlington Memorial Hospital, Texas Baron Atkins, MD mengatakan tidak ada risiko terjatuh dengan posisi perut terhantam sehingga membahayakan bayi Anda. Olahraga renang memberi kebebasan bergerak tanpa tekanan pada sendi-sendi. Dalam masa hamil sembilan bulan pun para ibu masih tetap bisa berenang, berjalan, beraerobik, dan menari di dalam air.

Yoga.
Berlatih dan olahraga yoga bagi ibu hamil juga merupakan salah satu olahraga pilihan bagi para ibu hamil. Menurut instruktur yoga di Laughing Lotus, New York City Sokna Heathyre Mabin bahwa manfaat yoga untuk ibu hamil ini akan membantu menjaga kelenturan sendi-sendi dan mempertahankan fleksibilitas. Selain itu, yoga memperkuat sistem otot, merangsang peredaran darah, dan membuat ibu hamil akan menjadi lebih rileks santai.

Senam Hamil.
Ada banyak manfaat senam hamil bagi para ibu hamil. Untuk lebih bisa mendapatkan manfaat dan tujuan senam hamil ini sebaiknya para ibu hamil mempunyai struktur atau pelatih senam hamil sendiri. Atau juga melakukan senam hamil dipandu oleh ahli atau mengikuti kelas-kelas hamil yang saat ini banyak berdiri.

Selain mendapatkan kebugaran dan panduan yang tepat, ibu dapat berinteraksi dengan ibu ibu hamil lainnya sehingga makin memperbanyak pengetahuan dan berbagi pengalaman dengan yang lain. Dengan melakukan senam hamil, dapat menambah kesehatan dan kebugaran ibu hamil beserta janinnya. Selain itu senam hamil dapat membantu melenturkan dan menguatkan otot-otot yang diperlukan saat persalinan nanti sehingga akan mempermudah proses persalinan.

Post a Comment for "Olahraga Bagi Ibu Hamil"