Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Anda Dengan Baik



• Alat reproduksi merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting untuk dijaga kesehatan dan kebersihannya.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan alat reproduksi Anda. Mungkin sebenarnya Anda sudah mengetahui cara-cara tersebut namun terkadang Anda terkesan kurang mempedulikan hal-hal yang kedengarannya sepele namun mempunyai manfaat yang sangat penting untuk kesehatan alat reproduksi Anda.

Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan:

• 1. Memakai pakaian dalam berbahan katun, bersih dan rajinlah mengganti celana dalam

Celana dalam berbahan katun sangat bermanfaat untuk menyerap keringat dan membuat sirkulasi udara pada alat reproduksi lancar. Hindari celana dalam yang terlalu ketat karena hal tersebut akan mengganggu kesehatan alat reproduksi Anda. Gunakan celana dalam yang bersih dan rajinlah menggantinya jika kemaluan sudah terasa lembap agar terhindar dari biang keringat dan bau tak sedap.

• 2. Rajin mengganti panty liner atau pembalut saat menstruasi (bagi wanita)

Saat menstruasi bakteri dan kuman akan lebih mudah berkembang biak. Jika tidak dijaga kebersihannya, kemaluan akan lebih mudah terasa gatal-gatal. Oleh sebab itu ketika menstruasi, rajinlah mengganti pembalut sebab darah yang tertampung pada pembalut dapat menimbulkan tumbuhnya kuman.

• 3. Biasakan untuk selalu membilas alat kelamin menggunakan air bersih setelah buang air kecil maupun buang air besar

Basuhlah menggunakan air yang mengalir, jangan menggunakan air tampungan pada toilet umum. Caranya harus tepat dari depan ke belakang agar terhindar dari bakteri dan kuman penyebab penyakit kelamin atau infeksi lainnya.

• 4. Mencukur rambut kemaluan secara berkala

Rasa gatal pada alat reproduksi juga bisa disebabkan karena bulu kemaluan yang panjang. Itu sebabnya dianjurkan untuk mencukur bulu kemaluan secara berkala tetapi ingat jangan mencukur sampai habis karena di area sekitar kemaluan juga terdapat bakteri baik.

• 5. Tidak berhubungan intim saat sedang menstruasi

Sangat tidak dianjurkan untuk berhubungan seks saat sedang haid karena saat haid dinding rahim cenderung lebih lunak sehingga mudah terjadi luka.

• 6. Hindari penggunaan pembersih khusus wanita yang berlebihan dan dalam jangka waktu lama (bagi wanita)

Karena banyak pembersih yang justru merangsang bertumbuhnya bakteri dan jamur penyebab keputihan. Sabun pembersih yang ph-nya tidak seimbang akan mematikan bakteri baik pada vagina yang berpotensi menimbulkan jamur dan rasa gatal.

• 7. Biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh alat reproduksi Anda.

Jika tangan Anda tidak bersih kemudian menyentuh alat reproduksi, akan dikhawatirkan kuman yang ada pada tangan Anda akan menempel pada alat reproduksi Anda. Begitu juga sebaliknya, setelah menyentuh organ reproduksi Anda, bersihkan tangan menggunakan sabun.

• 8. Jangan menggaruk kemaluan

Rasa gatal yang timbul pada kulit kemaluan biasanya karena adanya bakteri atau kuman yang sedang berkembang biak. Sangat tidak dianjurkan untuk menggaruk kemaluan secara langsung karena dapat menyebabkan kulit kemaluan Anda iritasi. Sebaiknya gunakan tisu yang sudah dibasuh dengan air hangat.

• 9. Tidak menyimpan alat-alat elektronik dekat dengan organ reproduksi dalam jangka waktu yang lama.

Seperti laptop, handphone atau gadget lainnya karena dapat menimbulkan panas bila berhubungan langsung dengan alat reproduksi Anda.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda menjaga kesehatan alat reproduksi Anda?

Post a Comment for "Tips Menjaga Kesehatan Organ Intim Anda Dengan Baik"