Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Urusan Rumah Tangga Yang Sebaiknya Tidak Sampai Ke Telinga Sahabat Anda Sekalipun

Menjaga isi 'dapur' rumah tangga itu kewajiban Anda sebagai anggota di dalamnya.

• Wanita gemar bercerita nyaris tentang apa saja dengan sahabat-sahabatnya, hingga detail terkecil. Kehidupan pernikahan adalah salah satu topik terhangat yang selalu dinanti.

Curhat tentang suami dan lika-liku rumah tangga kerap tak terhindarkan. Khususnya, ketika Anda belum menemukan titik temu menuju solusi ataupun Anda sudah terlalu lelah memendam sendiri masalah tersebut.

Akan tetapi, sepatutnya ada beberapa hal dalam pernikahan Anda yang tetap menjadi rahasia. Ingatlah 13 topik tentang pernikahan yang sebaiknya tidak Anda bicarakan dengan teman dan sahabat.


• 1. Penghasilan suami

Keuangan keluarga adalah isu sensitif yang rawan misinterpretasi. Membuka kartu tentang penghasilan suami dapat menimbulkan salah persepsi. Anda bisa saja dicap menyombongkan diri. Di sisi lain, ketika penghasilan suami pun tak mencukupi, tak etis jika Anda menumpahkan uneg-uneg begitu saja.

• 2. Masa lalu kelam suami

Mengungkap masa lalu tak ubahnya seperti membuka kotak Pandora yang terlarang. Jika memang suami telah berusaha atau berhasil memperbaiki diri, lebih baik simpan saja sejarah kegelapannya di masa lampau. Ini adalah bentuk penghargaan tulus Anda terhadap kesungguhannya untuk berubah.

• 3. Kegiatan di ranjang

Pembahasan area yang sangat pribadi ini memang menggelitik. Namun, ada rambu-rambu yang perlu Anda perhatikan saat berdiskusi tentang seks dengan sahabat. Menceritakan panjang lebar proses hubungan intim, termasuk jika ada fantasi seksual dan preferensi unik yang dipilih, rasanya seperti menjebol isi dapur untuk kepada jalan yang dipenuhi orang lalu-lalang. Biarkan hanya dinding-dinding kamar Anda yang mengetahuinya.

• 4. Ketidakcocokan yang belum dibicarakan

Acapkali Anda berasumsi, curhat dengan sesama wanita akan jauh lebih bermanfaat ketimbang suami yang cenderung cuek. Tetapi, coba pikirkan, bagaimana perasaan suami apabila Anda lebih nyaman berbagi dengan sahabat mengenai konflik yang seharusnya Anda bicarakan dan selesaikan bersama suami?

• 5. Komentar negatif suami tentang sahabat Anda

Sebuah kisah klasik saat sahabat dan pasangan bak air dan minyak. Untuk menjaga hubungan baik antara dua sisi orang-orang tersayang, tahan diri Anda untuk tidak menyampaikan ketidaksukaan suami terhadap sahabat Anda. Berusahalah membangun suasana nyaman saat keduanya bertemu dan tidak saling menjelekkan di belakang mereka.

• 6. Kekurangan fisik suami yang membuatnya tak percaya diri

Menjaga kepercayaan diri suami adalah hal yang penting. Terimalah kekurangan fisik dirinya dengan tidak mengumbar hal tersebut kepada sahabat Anda. Terlebih jika ia menyembunyikan hal tersebut demi harga dirinya.

• 7. Disfungsi seksual

Satu masalah serius yang menjadi rahasia dapur Anda. Anda telah menghancurkan harga diri suami dan rumah tangga Anda saat membeberkan masalah ini kepada pihak luar. Diskusikan masalah ini hanya dengan ahli kesehatan yang kompeten sebagai upaya mencari solusi tepat.

• 8. Hutang-hutang yang belum terselesaikan

Segala tanggung jawab keuangan keluarga dan suami atau istri sebagai individu, perlu tetap terkunci di dalam rumah. Membengkaknya tagihan kartu kredit, atau pinjaman lunak dari pihak keluarga, rasanya tak pantas jika Anda beritahukan dalam bincang-bincang arisan di kafe suatu siang.

• 9. Pertikaian dengan keluarga

Ketegangan yang terjadi di dalam keluarga, baiknya diselesaikan dengan damai tanpa menyebarkannya kepada pihak luar. Teman-teman Anda, sedekat apapun mereka dengan keluarga Anda, tetap tidak memiliki hubungan darah atau tingkat pengertian yang sama.

• 10. Perselingkuhan yang Anda atau suami lakukan

Ketidaksetiaan bukanlah prestasi yang patut dibanggakan. Saat dugaan muncul maupun sudah jelas terbukti, simpanlah dulu kepahitan ini dari orang-orang terdekat. Alasannya, umumnya mereka tidak dapat memberikan saran objektif. Temui segera penasihat pernikahan atau psikolog untuk memberikan langkah-langkah terpercaya untuk penanganan masalah ini.

• 11. Kesalahan pengelolaan keuangan

Blunder yang terjadi dalam manajemen keuangan keluarga Anda juga menjadi hal yang sebaiknya tidak Anda ceritakan kepada sahabat. Pengecualian berlaku jika mereka dalam posisi sebagai profesional yang dapat menghadirkan solusi untuk bencana finansial ini.

• 12. Pandangan mendalam suami tentang politik dan SARA

Memiliki pemikiran dan ideologi tersendiri pada dasarnya adalah hak setiap manusia. Sepanjang suami Anda memilih untuk menyimpan pemikiran tersebut untuk konsumsi pribadi demi menjaga kedamaian sekelilingnya, tentulah Anda lebih bijak untuk mengikuti jejaknya. Jika memang dalam pembicaraan, ada orang lain yang menanyakan kepada Anda, jawablah dengan diplomatis dan singkat, serta tinggalkan perincian yang sifatnya provokatif.

• 13. Hal yang telah Anda dan suami sepakati sebagai rahasia

Membocorkan rahasia yang telah disepakati bersama untuk disimpan. Hmmm, introspeksi kembali diri Anda, apakah memang Anda memiliki keraguan dalam komitmen rumah tangga ini?

Apabila Anda memiliki masalah rumah tangga, sebaiknya hadirkan penengah ahli seperti konselor pernikahan, psikolog atau terapis bersertifikasi yang dapat memberikan arahan dan saran objektif serta terpercaya. Sebelumnya, tahan dulu lidah Anda untuk menumpahkan isi hati kepada orang-orang terdekat. Seburuk apapun suami dan rumah tangga yang Anda jalani, Anda patut memberikan kesempatan untuk memperbaiki dengan usaha Anda berdua tanpa campur tangan pihak lain.

Post a Comment for "13 Urusan Rumah Tangga Yang Sebaiknya Tidak Sampai Ke Telinga Sahabat Anda Sekalipun"