Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Penyakit Yang Bisa Merusak Kehamilan

http://mentari-kesehatan.blogspot.co.id/
Tentunya bagi perempuan akan sangat ingin mempunyai bayi atau keturunan, maka asal itu penting menjaga kesehatannya. Di bagi bunda hamil wajib menjaga kesehatannya, karena hal itu akan berpegaruh di janin yg terdapat pada dalam kandungan.

Terlebih dalam bulan-bulan menunggu kelahiran sang bayi ke dunia ini, rentan terhadap penyakit-penyakit yang bisa membahayakan.

Keluarnya gejala atau tanda-tanda yg sederhana mampu menjadi tanda keluarnya penyakit yg bisa Mengganggu kehamilan, buat itu perlu mengetahui aneka macam tandanya atau gejalanya, buat mengantisipasi.

Sehabis menikah, tak usang buat para pasangan suami istri bisa eksklusif menerima rezeki anak. Akan tetapi juga ada yang telah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun belum pula dikaruniai rezeki anak.

Faktor kesuburan ataupun penyakit eksklusif bisa menjadi penyebab masalah seseorang wanita sulit hamil. Demikian pula pada masa kehamilan pula tidak terlepas dari yang namanya duduk perkara penyakit,

Penyakit yg bisa merusak kehamilan

1). Faktor kekentalan darah

Lebih kurang 17% bunda hamil yg keguguran sebab dilema sindroma antikardiolipin atau anti cardiolipin antibodies (aca). Dimana tubuh membuat antibodi yang justru menyerang antikardiolipin sebab dianggap “musuh”. Kardiolipin merupakan senyawa protein yg terdapat di selaput sel pelindung organ, yang bekerja untuk mengentalkan darah.

Syarat pengentalan darah, yg terjadi pada penderita aca pada wanita hamil mengakibatkan pembekuan darah pada dalam pembuluh. Jika terjadi di plasenta akan merusak sirkulasi oksigen dan zat-zat gizi ke janin, yg beresiko tinggi mengakibatkan terganggunya perkembangan janin, sampai yang terburuk menyebabkan bayi tewas global.

Buat mengatasinya, maka perlu pemeriksaan darah pada laboratorium buat mengetahui senyawa protein aca, mengukur kecepatan pembekuan darah, dll. Biasanya tes laboratorium dilakukan 6 minggu sekali.

Kemudian, umumnya pasien akan mengonsumsi obat dari resep dokter buat menurunkan kadar senyawa aca pada pada tubuh, sehingga mencegah terjadinya pengentalan darah yg memicu pembekuan darah dan menghambat perkembangan janin.

2). Sperma suami bermasalah

Gerakan sperma lambat dan istri alergi sperma suami sering sebagai faktor penghambat kehamilan, yg menjadi penyebab 15% persoalan sulit hamil. Gerakan sel-sel sperma lambat di setiap kali berafiliasi intim, mengakibatkan sel sperma kesulitan buat mencapai sel telur, maka pembuahan pun tidak terjadi.

Pada istri yg alergi sperma suami,hal itu terjadi sebab kadar antibodi pada pada tubuh istri terlalu tinggi, yang malah menduga sel sperma suami adalah “musuh.” alhasil sel telur sulit buat mampu dibuahi.

Buat mengatasinya, maka perlu memperbaiki pola hidup suami ataupun istri, seperti menaikkan konsumsi kuliner sumber vitamin e, mirip brokoli, kacang almond dan buah alpukat. Hindari merokok, minum alkohol, kuliner junk food dan semacamnya.

Kemudian, perlu berkonsultasi dengan dokter, biasanya akan menjalani terapi penyuntikan leukosit suami pada istri buat menurunkan kadar antibodi. Sehingga sperma suami tidak lagi diklaim “musuh”, alhasil peluang kehamilan menjai besar .

3). Menopause dini

Pada mas terbaru ini, tercatat kurang lebih 6-7% perempuan usia reproduktif mengalami menopause dini, yg mengakibatkan sulit hamil, padahal usia pada bawah 40 tahun tetapi kadar hormon estrogen telah menurun yg menyebabkan tubuh tak mampu lagi menghasilkan sel-sel telur matang yg siap dibuahi. Walaupun terdapat jutaan sel sperma yang dikeluarkan waktu bekerjasama intim, namun tidak terdapat satu pun sel telur matang yang bisa dibuahi buat membuat kehamilan.

Buat mengatasi perlu berkonsultasi ke dokter, umumnya dokter akan menerapkan terapi suntikan hormon estrogen atau kombinasi estrogen dan progesteron buat meningkatkan kadarnya pada pada tubuh.
Tujuan dari terapi yang dilakukan agar organ-organ reproduksi mampu balik aktif, termasuk indung telur yg bisa memproduksi sel telur yg matang dan siap dibuahi.

4). Endometriosis

Faktor yang menyebabkan kehamilan sulit terjadi, salah satunya sebab penyakit endometriosis. Lebih kurang 5%-15% wanita usia reproduktif mengalaminya duduk perkara ini, dan banyak yg tidak menyadari keberadannya.

Penyebab endometriosis sebab adanya duduk perkara di jaringan pembentuk dinding rongga rahim (endometrium), yg tumbuh di luar rongga rahim (keliru daerah), mirip di dekat saluran telur atau indung telur (ovarium).

Sehingga berakbiat terjadinya pelekatan di lebih kurang saluran telur yang Mengganggu proses pembuahan. Alhasil, ovarium beresiko gagal melepaskan sel telur yg telah matang buat dibuahi sel sperma, yag akhirnya tidak terjadi pembuahan.
Yg seringkali terjadi gerakan sel-sel sperma terhambat sebab saluran telur yg menyempit, yang membentuk sel-sel sperma sulit mencapai sel telur yang akan dibuahi.

Endometriosis jug dikatakan, kondisi serpihan dinding di pada rahim yang berkembang membentuk sarang mungil, yang setelah itu sebagai akbar serta terus berkembang pada dalam indung telur, hingga terus menjalar hingga ke bagian indera reproduksi.

Endometriosis mampu mengakibatkan timbulnya rasa sakit pada masa haid, atau juga ketika berafiliasi antara pasangan.

Beberapa cara mengatasi endometriosis:


1). Pakai obat pereda rasa nyeri, beberapa jenisnya mirip aspirin serta ibuprofen. Namun terdapat sebagian perempuan mungkin memerlukan jenis obat yang lebih bertenaga.

2). Terapi hormon. Dokter mungkin akan menyarankan terapi hormon. Terapi hormon bervariasi, seringnya dokter yang akan menetukan jenis terapi hormon yang cocok buat syarat pasien.

3). Mintalah dokter buat sekaligus mengobati endometriosis saat dignosa, karena ketika diagnosa dengan mekanisme laparoskopi, dokter sebenarnya bisa sekaligus membakar sel-sel endometrium, guna mengurangi gejala.

4). Operasi, mirip laparotomi (pembedahan perut) atau histerektomi (pengangkatan rahim, saluran tuba, dan ovarium), guna membersihkan tubuh berasal endometriosis. Waktu pemulihannya setelah operasi, selama beberapa bulan.

(terapi alternatif buat mengobati endometriosis)
Lima. Memperbaiki asupan nutrisi, caranya yaitu berkonsultasi dengan pakar gizi. Dengan asupan nutrisi yang baik dan tepat, bermanfaat buat mengurangi rasa nyeri dampak endometriosis.

6). Akupunktur, dievaluasi mampu buat mengurangi rasa nyeri, walaupun umumnya kegunaannya tidak terasa dengan segera. Melakukan akupunktur buat mengurangi nyeri dan mendorong relaksasi tubuh.

7). Berkonsultasi menggunakan dokter guna mengetahui pengobatan cara lain yang sempurna, sehingga pengobatan alternatif yang diambil akan aman untuk dilakukan.

8). Konsumsi temu putih. Yg paling bagis yaitu dimakan secara mentah (lalapan), namun selain itu jua mampu, yaitu menggunakan diparut dan diperas airnya, lalu diminum 1-dua kali pada sehari.

9). Umbi daun ilahi. Anda haluskan
, lalu ambil airnya (caranya menggunakan peras memakai air matang), lalu diminum sehari sekali.

  • 10. Membentuk resep jamu mengobati endometriosis, menggunakan bahan: 
  • 10 gram kunyit kering 
  • 10 gram temu putih kering 
  • 10 gr tapak liman kemarau 
  • 30 gr cakar ayam segar 
  • 15 gr pegagan kemarau.
Cara pembuatan, kupas kunyit dan temu putih, lalu memarkan. Sehabis itu rebus menggunakan 1 liter air hingga tersisa setengahnya. Dinginkan, kemudian disaring. Diminum lebih kurang 3 kali dalam sehari

5). Gonore

Gonore ialah kondisi infeksi di alat kelamin, dimana hal itu ada karena asal bakteri-bakteri gonokokus. Infeksi yang muncul mirip ini mampu menyebabkan kemandulan, radang sendi, kerusakan di hati, dan lainnya.

Gonore atau kencing nanah artinya penyakit menular seksual yg ditimbulkan bakteri neisseria gonorrhoeae (gonococcus). Bakteri gonococcus umumnya ditemukan pada cairan penis dan vagina berasal orang yang terinfeksi.

Bakteri gonore tidak mampu bertahan hayati di luar tubuh insan buat saat yang usang, sehingga tidak menular melalui dudukan toilet, alat-alat makan serta minum, membuatkan handuk, kolam renang, ciuman, serta pelukan.

Gejala gonore


Lebih kurang 10 % pria yang terinfeksi serta 50 persen berasal wanita yg terinfeksi tidak mengalami gejala yg dirasakan, sehingga poly kasus penderita gonore menularkannya kepada pasangannya tanpa disadari.

Tanda-tanda gonore umumnya (pada laki-laki maupun perempuan ) yaitu nyeri (sakit) ketika buang air kecil serta keluarnya cairan kental berwarna kuning atau hijau berasal vagina atau penis. Sebagai akibatnya gonore sering diklaim ‘kencing nanah’.

Di perempuan , infeksi akan menjalar ke organ panggul Bila tak segera diobati, hingga bisa terus mengakbiatkan pendarahan di vagina, sakit di perut bagian bawah serta demam.

Penaksiran gonore


Sampel urine menjadi menggunakan metode yg seringkali dipergunakan, baik di laki-laki maupun wanita. Pemeriksaan sampel urine di wanita tidak begitu seksama, sehingga pemeriksaan yg dilakukan sering menggunakan mengambil sampel cairan vagina.

Pengobatan serta pencegahan gonore
Dokter umumnya memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik buat mengobati gonore.

Gejala akibat bakteri gonore dapat membaik sehabis beberapa hari, dengan melakukan pengobatan gonore yang efektif dan tepat waktu (tak ditunda-tunda). Hal itu sebab penyakit gonore yang dibiarkan bisa menjadi bahaya yang fatal.

Pastikan anda dan pasangan anda tidak berhubungan seks sampai perawatan sahih-benar tuntas (sembuh), yg ditandai menggunakan investigasi ulang yang hasilnya bahwa anda negatif menderita gonore.

Penyakit gonore mampu kambuh bila tdak melakukan korelasi seks yang sehat dan safety.Hal terpenting buat mencegah infeksi menular seksual ialah tidak berganti-ganti pasangan seksual, jangan melakukan korelasi seksual Bila belum menikah.

6). Kanker rahim, indung telur, dll

Kanker merupakan sebuah kondisi terjadi pertumbuhan di sel-sel tubuh yg tidak normal, atau bisa pula dikatakan tidak terkontrol.
Sel-sel tubuh yg berkembang menggunakan tidak normal tadi nantinya menyebar ke seluruh tubuh, sehingga membuat fungsi-fungsi organ tubuh sebagai terganggu.

Ada jenis penyakit kanker yg menyebabkan terganggunya kehamilan, bahkan mampu mengakibatkan seorang wanita sulit hamil seperti kanker rahim, kanker indung telur, kanker mulut serta leher rahim, sampai kanker payudara.

Kehamilan yg terganggu penyakit kanker beresiko mengakibatkan bayi lahir prematur, lahir cesar, bahkan keguguran.

Dokter umumnya menyarankan bunda hamil penderita kanker untuk menjalankan pengobatan, operasi serta kemoterapi buat memberantas sel kanker. Obat-obatan yg diberikan tentu wajib sinkron dengan resep dokter sebagai akibatnya tidak membahayakan janin.

Operasi jua dilakukan dengan supervisi pakar anestesi yang memperhitungkan kesehatan kehamilan. Adapun kemoterapi umumnya dilakukan setelah trimester pertama, sebab pada masa ini organ janin sudah terbentuk.

Karena bahaya kanker di kehamilan, krusial mak hamil buat selalu mewaspadainya, serta menjalani pola hayati yg sehat, mirip tidak merokok, tidak minum-minuman alkohol serta bersoda, tak konsumsi junk food, dll.

7). Gangguan jantung

Ini dianggap jua menggunakan gagal jantung, atau terjadi kelainan jantung bawaan, dimana problem ini menyebabkan ibu hamil mengalami resiko lebih tinggi terkena keguguran.
Selain itu juga bisa menyebabkan bayi lahir prematur, serta berat badan bayi yang baru lahir rendah (ringan).

Duduk perkara gangguan jantung hendaknya dikonsultasikan menggunakan dokter, pemeriksaan kesehatan sebelum kehamilan sangat diharapkan, guna mengurangi risiko dilema kesehatan pada ibu serta janin.

Beberapa bahan makanan berguna buat membantu menjaga kesehatan jantung seperti oatmel yang bisa menyerap kolestrol dursila, ikan yg mengandung omega 3 yg mampu memperbaiki denyut jantung. Kemudian lengkapi dengan sayuran hijau seperti bayam, dsb, sebab kandungan serat serta potasiumnya yg mengurangi risiko penyakit jantung.

Hal yg krusial buat mengatur saat istirahat, jangan tidak terlalu lelah karena akan membebani jantung (menjai sesak), sehinga mencegah sirkulasi darah dan oksigen berkurang.
Seseorang bunda perlu memberikan asi, sebab ini membantu buat menyusutkan lemak di bagian perut, yg bermanfaat buat menurunkan risiko penyakit jantung secara awam.

8). Penyakit infeksi

Jenisnya mirip infeksi saluran kemih. Yg menyebabkan menaikkan resiko terjadinya persalinan dini, atau mengakibatkan pecahnya ketuban sebelum waktunya.

Dilema infeksi ini, selain membahayakan ibu hamil, pula membahayakan janin, yang bisa menyebabkan cacat bawaan di janin.

Gejalanya yaitu rasa ingin selalu buang air kecil, nyeri atau perih waktu buang air kecil, rona urin keruh, serta bau urin menyengat. Adapun infeksi pada ureter serta ginjal mencakup nyeri pada bagian selangkangan, mual, serta demam.

Jenis infeksi lainnya yaitu sitomegalovirus, dimana jenis infeksi ini tak kalah bahayanya sebab menyebabkan rusaknya fungsi organ hati di janin, lalu terdapat jua infeksi yang mengakibatkan rusaknya fungsi otak janin.

9). Tekanan darah tinggi

Hipertensi pada kehamilan sebenarnya hal yg awam terjadi pada bunda hamil. Lebih kurang 10 % mak hamil mengalami kondisi ini saat hamil.

Jika dibiarkan, hipertensi beresiko tinggi mengakibatkan syarat praeklamsia. Seseorang wanita dikatakan terkena hipertensi di masa kehamilan, saat tekanan darahnya pada atas 140/90 mm hg. Beberapa jenis hipertensi pada kehamilan, yaitu hipertensi kronik, hipertensi kronik menggunakan praeklamsia, hipertensi gestasional, praeklamsia serta eklamsia.

Hipertensi yang tidak ditangani menggunakan baik bisa berdampak negatif bagi bayi dan anda sendiri. Peredaran darah ke plasenta berkurang, menyebabkan bayi dalam kandungan tidak menerima relatif oksigen dan nutrisi. Janin yg tidak cukup dalam menerima oksigen serta nutrisi, membentuk pertumbuhan janin terhambat, beresiko bayi lahir menggunakan berat badan rendah, atau jua lahir prematur.

Bayi jua bisa beresiko tewas dalam kandungan karena tidak mendapatkan asupan oksigen serta nutrisi yg cukup. Hal yang penting, bayi dikandung oleh bunda dengan tekanan darah normal. Bila anda terkena hipertensi saat hamil, maka periksakan diri ke dokter kandungan supaya syarat anda permanen terjaga. Dokter umumnya menyampaikan resep obat buat menurunkan tekanan darah.

Krusial buat mengikuti semua petunjuk serta takaran minum yang dianjurkan dokter. Kemudian, selalu terapkan gaya hayati sehat ketika hamil,seperti konsumsi kuliner yg bergizi, sayur, butir, daging tanpa lemak, dan susu rendah lemak. Hindari kuliner yg mengandung garam tinggi, hindari pula merokok serta mengonsumsi bir serta bersoda.

10). Toksoplasmosis

Penyebab toxoplasma
Lebih kurang 40% mak hamil berisiko terkena toksoplasmosis. Parasit toxoplasma gondi yg menjadi penyebab toksoplasmosis, menghasilkan tubuh bunda hamil membuat antibodi spesial , yaitu igm serta iga.

Antibodi tersebut justru malah mengakibatkan terjadinya keguguran, atau janin yg dikandung mengalami gangguan proses tumbuh-kembangnya, sebagai akibatnya bemberikan resiko bayi lahir cacat.

Penyebab timbulnya toksoplasmosis:

  1. Menyentuh kotoran kucing yg terinfeksi 
  2. Makan daging mentah atau 1/2 matang, sehingga keadaan daging tersebut bisa menginfeksi 
  3. Menyentuh ekspresi sehabis menyentuh daging. 
  4. Toksoplasmosis bisa ditularkan asal transfusi darah atau juga transplantasi organ (jarang terjadi). 
  5. Mengonsumsi daging yg terkontaminasi parasit toxoplasma, terutama babi, domba, serta daging rusa. 
  6. Konsumsi kuliner yg tercemar oleh parasit toxoplasma melalui media pisau, peralatan, talenan, serta lainnya yang sebelumnya kontak dengan daging mentah serta daging yg terkontaminasi. 
  7. Minum air yang tercemar parasit toxoplasma 
  8. Penerima transplantasi organ terinfeksi sebab menerima organ asal donor toxoplasma-positif. 
  9. Adapun yg dapat mempertinggi risiko toksoplasmosis yaitu hiv/aids serta kanker yang dialami 
Gejala toksoplasmosis jarang mengakibatkan gejala. Kalaupun ada, umumnya:
  1. Bengkak pada kelenjar getah bening 
  2. Demam 
  3. Tubuh terasa lemah serta lesu yg kurang lumrah 
  4. Sakit tenggorokan 
  5. Nyeri otot 
  6. Ruam. 
Sistem kekebalan tubuh yg lemah mampu semakin memperburuk infeksi toksoplasmosis, yg infeksinya bisa menjalar ke otak (ensefalitis), mata (korioretinitis), serta paru-paru (pneumonitis). Gejala yang dirasakan berupa demam, tubuh kejang, sakit kepala, stigma visual, gangguan kemampuan bicara dan gerakan, dan mengalami sesak napas.

Selain pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan, pemeriksaan darah perlu buat mengetahui antibodi yg diproduksi sang tubuh, guna melawan toksoplasmosis. Adapun investigasi laboratorium buat mengetahui protozoa yg menyebabkannya.

Bila yg terinfeksi adalah perempuan hamil, perlu dilakukan tes prenatal, termasuk usg serta amniocentesis (pemeriksaan air ketuban), guna mengetahui apakah janin telah ikut terinfeksi atau tidak.

Pengobatan toksoplasmosis

Penderita toksoplasmosis yang pada kondisi sehat (sistem imun baik) dan tidak dalam keadaan hamil, umumnya tidak memerlukan pengobatan intensif, hal itu sebab gejalanya yang umumnya hilang pada sebulan.

Adapun penderita toksoplasmosis di orang dengan sistem imun (kekebalan tubuh) yg lemah, maka perlu menggunakan obat anti-toksoplasmosis selama 1 bulan atau lebih.

Pada seseorang wanita hamil terinfeksi sedangkan janinnya tidak, biasanya akan diberikan antibiotik spiramisin. Hamil yg janinnya juga ikut terinfeksi toksoplasmosis diberikan kombinasi obat mirip spiramisin, pirimetamin, sulfadiazin, asam folinat.

Pencegahan toksoplasmosis

Saat berencana hamil ataupun pada awal kehamilan, maka perlu konsultasi menggunakan dokter, dan melakukan tes darah untuk mengetahui apakah tubuhnya kebal terhadap toksoplasmosis.

Jangan konsumsi daging mentah atau 1/2 matang.

Sehabis menyentuh daging mentah, jangan menyentuh mata, mulut serta hidung.
Saat baru saja menyentuh daging mentah, maka usahakan segera cuci tangan. Cuci pula pisau dengan sabun bersih, serta alat-indera lainnya yang terkena kontak dengan daging mentah.

Cuci seluruh sayuran serta buah-buahan sebelum dikonsumsi.

Jangan terdapat pasir pada halaman rumah (apalagi pada pada rumah) karena itu akan digunakan kucing buat membuang kotoran di dekat lingkungan, yg akhirnya mampu beresiko sebagai penyakit bagi insan.

Jangan memberikan kucing daging mentah atau daging setengah matang.
Jangan memakai kucing buat berburu tikus atau burung, karena terdapat kemungkinan kucing terkena infeksi, dan akhinya menyebar ke manusia (sebab kucing berada dekat pada lingkungan insan).

Jangan mengadopsi kucing liar, baik itu yg yang dewasa juga anak-anak kucing.
Waktu anda sedang hamil lebih baik hindari kucing.
Bila daging ingin disimpan maka boleh selama beberapa hari dengan suhu di sub-nol (0 ° f) sebelum dimasak. Hal ini buat mencegah infeksi.

Pakailah sarung tangan waktu berkebun serta selama kontak menggunakan tanah atau pasir, karena mungkin terkotori dengan kotoran kucing yang mengandung toksoplasma. Cuci tangan dengan sabun sampai higienis sehabis berkebun atau sesudah hubungan menggunakan tanah atau pasir.

11). Hepatitis b


Hepatitis b yg dialami bunda hamil, bila tidak ditangani menggunakan baik dan cepat, dapat mengakibatkan bahaya bagi janin berupa terjadinya penyakit pengerasan hati, sampai dilema kanker hati.

Hepatitis b ditularkan melalui kontak menggunakan darah serta cairan-cairan tubuh lainnya seperti air mani, cairan vagina, air liur dan air ketuban.

Gejalanya berupa demam tinggi, mual-muntah, mudah sekali lelah, kulit serta bola mata berubah menjaid rona kuning, rona air seni cokelat (mirip air teh), tinja seperti adukan semen.

Saat berkonsultasi menggunakan dokter, umumnya ibu hamil dengan hepatitis b akan diberikan suntikan hepatitis b imunoglobin. Ketika ketika bayinya lahir terkena suntik homogen maka akan diimunisasi hepatitis b ketika usianya 1 minggu, 1 bulan dan 6 bulan, guna mengurangi risiko tertular hepatitis b.

Saat ini, setiap bayi yg lahir mendapatkan imunisasi hepatitis b, baik ibunya mengidap virus hepatitis b maupun tidak.


Urutan diatas ialah masalah yang serius, sehingga krusial dilakukan bunda hamil melakukan pemeriksaan rutin selama masa kehamilan, sebab dikhawatirkan pada beberapa jenis penyakit tak pertanda gejala yg dapat terdeteksi oleh penderitanya, sehingga menjadi terlambat dalam mengantisipasi penyakit tersebut.

Tidak perlu terlalu risi, penyakit-penyakit yang memang membahayakan kehamilan tadi bisa diatasi dengan berkonsultasi kepada dokter, yg akan melakukan tindakan-tindakan tepat bila terjadi persoalan

Post a Comment for "Penyebab Penyakit Yang Bisa Merusak Kehamilan"