Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan
Daging buah sirsak yang sudah matang memiliki warna putih dengan biji hitam yang sedikit. Buah sirsak (Annona muricata) merupakan tanaman yang lahir di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sementara bagian yang sering dimanfaatkan adalah daun sirsak karena menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan, Anda bisa mengetahuinya pada artikel manfaat daun sirsak yang telah dipublikasi beberapa waktu lalu Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak melestarikan buah dengan banyak julukan seperti nangka sebrang, nangka walanda, nangka buris, dan srikaya jawa ini nangka landa.

Kandungan Nutrisi Yang Terdapat dalam Buah Sirsak

Beberapa mineral seperti fosfor (27 mg) dan kalsium (14 mg) juga terkandung di dalam 100 gram buah sirsak Buah ini juga menyimpan serat pangan yang merupakan substansi non-gizi, 3 gram pada 100 gram daging buah kadar seratnya mencapai 3. Dan vitamin C vitamin B1, vitamin B2, berbagai kandungan yang disimpannya dapat memainkan peran sebagai alat penunjang kesehatan tubuh seperti karbohidrat. Khususnya manusia bahkan pohonnya sangatlah berguna bagi kelangsungan hidup makhluk hidup lain, daun, pada bagian buah.

Beberapa khasiat buah sirsak yang jarang diketahui orang adalah pada bagian biji yang menyimpan racun. Hilangkan biji hitam yang menyempil pada daging buahny karena itu ketika Anda hendak membuat jus sirsaka Biji racun sering difungsikan oleh para petani sebagai insektisida alami, layaknya biji pada buah srikaya. Zat gizi akan diserap dengan baik oleh usus kemudian di sebarkan ke seluruh jaringan tubuh melalui darah. Banyaknya jumlah nutrisi seperti yang telah dijelaskan menjadikan buah ini bermanfaat bagi kesehatan jika sudah masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh.

Para ahli pengobatan tradisional mendaftarkan buah ini sebagai salah satu bahan baku pembuatan obat herbal yang mampu menjaga kondisi tubuh tetap stabil sementara kegunaan lain di bidang kesehatan juga tidak sedikit. Berikut ini banyaknya manfaat buah sirsak dibalik kandungan seperti acetogenins, linoleic acid, annocatacin, gentisic acid, caclourine, gigantetronin, anomurine, anonol, dan muricapentoci annohexocin, annonacin, annocatalin, annomuricinn

1). Dapat Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Hal yang menakjubkan ini dikatakan para ahli sebagai reaksi dari vitamin C dalam buah sirsak Penyakit tersebut merupakan sebuah kondisi arteri jantung mengalami penebalan sehingga membuat darah menjadi tidak lancar dan serangan jantung mudah terjadi. Dari hasil penelitian terungkap sebuah keistimewaan dari buah sirsak yaitu menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung.

2). Dapat Meningkatkan Daya Konsentrasi

Adanya vitamin ini juga membantu otak terlepas dari beban (stres) dan memperkuat sistem saraf motorik dalam otak Keistimewaan lain dari tiamin yaitu menjaga fungsi otak dan meningkatkan memori serta konsentrasi.

3). Dapat Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Dengan begitu pula secara otomatis masalah yang bersangkutan dengan pencernaan dapat terminimalisir Untuk itu di perlukan vitamin B2 yang akan membantu melindungi membran mukosa usus sehingga sistem pencernaan tetap lancar dan terjaga kondisi baiknya. Sulitnya menyerap gizi dan mencerna makanan dapat mengganggu sistem pencernaan manusia sehingga masalah seperti sembeli ataupun diare mudah datang.

4). Dapat Mengurangi Risiko Diabetes

Kadar gula dalam buah sirsak tidaklah tinggi sehingga mampu mengurangi risiko terhadap diabetes meskipun manis. Tetapi jika Anda tidak ingin terjadi apa-apa terhadap kondisi kesehatan Anda, lebih baik hindari konsumsi aneka olahan dari buah sirsak berlebihan jika kadar gula dalam darah sudah tinggi.

5). Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain juga bisa juga digunakan sebagai obat penyaki kandungan senyawa mulai dari acetogenins hingga muricapentocin yang telah disebutkan barusan berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dari bahaya penyakit.

6). Dapat Membantu Produksi Hemoglobin

Dengan begitu semua organ baik yang vital maupun tidak kinerjanya dapat berlangsung secara normal Yaitu membantu produksi sel darah merah sehingga cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh fungsi dari riboflavin dalam buah sirsak sangatlah penting.

7). Dapat Melawan Kanker

Apa kaitannya dengan sirsak? Jika Anda sudah membaca dari atas tentu sudah tahu kalau dalam buah sirsak terdapat banyak kandungan vitamin C -nya Selain itu fungsi lain dari vitamin C adalah mengurangi efek dari kemoterapi seperti mual. Sejumlah riset yang memilih vitamin C sebagai objek penelitiannya banyak membuahkan hasil kalau vitamin tersebut dapat melawan kanker dengan menghambat sel-selnya.

8). Dapat Mencegah Katarak

Dengan kata lain kita harus bisa menyediakan buah sirsak ada dirumah Rutin minum buah sirsak sehari minimal dua kali dipercaya bisa mengurangi risiko pandangan menjadi buram serta penyebab masalah kesehatan pada mata lain seperti katarak.

Itulah beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh, Caranya cukup rutin makan buah sirsak tiap hari ataupun minum jus sirsak yang tanpa diberi tambahan gula Jumlah manfaat maupun khasiat dari buah sirsak tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Post a Comment for "Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan"