Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Kesehatan : Sembelit Jangan Khawatir Ini Tips Mengatasinya


        Sembelit atau konstipasi merupakan suatu penyakit susah buang air besar karena tinja mengeras. Ada penderita sembelit yang bisa buang air besar setelah dua atau tiga hari. Padahal, buang air besar yang normal adalah 1-2 kali dalam sehari. Kelainan ini biasanya disebabkan oleh organ usus yang tidak dapat berfungsi dengan baik, dan berhubungan juga dengan organ tubuh lainnya seperti fungsi lambung, limpa dan ginjal.

        Orang yang menderita sembelit,dapat ditemukan kelainan pada sistem pencernaan yang mengakibatkan pengerasan tinja secara berlebihan sehingga sulit dibuang atau dikeluarkan. Kondisi ini menyebabkan kesakitan yang sangat hebat, dan sembelit ini disebut obstipasi. Dan opstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal begi penderita.

        Dari berbagai hasil peneltian, terdapat dua jenis sembelit atau konstipasi, yaitu primer dan sekunder. Dikatakan sembelit primer jika pada penderita tidak ditemukan kelainan organik maupun biokimiawi setelah penatalaksanaan. Maksudnya, jenis sembelit yang juga disebut fungsional dan atau ideopatik ini adalah sembelit yang tidak diketahui penyebabnya. Sedangkan, sembelit sekunder atau sembelit organik adalah sembelit yang disebabkan oleh suatu penyakit/kondisi lain. Ini dapat berupa diabete melitus, hipotiroid, ansietes, depresi, atau penyakit lainnya.

Obat tradisional mengatasi sembelit :

Bahan-bahan :

2 batang wortel

Cara membuat resep dari bahan diatas :
       Wortel dicuci hingga bersih, lalu diparut. Kemudian, dibubuhi air masak 2 sdm dan garam sedikit. lalu, diperas. minum Ramuan ini 2 kali sehari.

Baca juga :

Ini Alasan Air Laut Terasa Asin
Nasehat Cahaya Pada Bumi

       Kesimpulannya, sembelit atau susahnya buang air besar karena terjadi pengerasan tinja. Merupakan hal yang sudah biasa dialami oleh manusia. Adapun hal tersebut merupakan suatu kelainan karena organ usus yang tidak dapt berfungsi dengan baik. Adapun cara menangani ketika sembelit ialah dengan menggunakan resep dan ramuan diatas, yang telah terbukti khasiatnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Silahkan bagikan...

Post a Comment for "Tips Kesehatan : Sembelit Jangan Khawatir Ini Tips Mengatasinya"