Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sudah amankah kondisi rumah untuk buah hati Anda?


Kecelakaan lebih sering terjadi di rumah, karena itu mengamankan rumah Anda apalagi dengan adanya anak-anak kecil adalah sangat penting.

•    Kecelakaan lebih sering terjadi di rumah, karena itu mengamankan rumah Anda apalagi dengan adanya anak-anak kecil adalah sangat penting. Anda mungkin memikirkan bagaimana keamanan rumah Anda sejak Anda memiliki anak-anak kecil. Apalagi jika anak-anak itu sudah dapat berjalan, Anda harus hati-hati menjaga supaya mereka tidak keluar tanpa Anda ketahui.

•    Pintu/pagar
     Pintu dan pagar harus dijaga supaya tidak dapat dibuka dengan mudah oleh anak-anak. Terutama pagar yang menuju ke kolam renang. Berapa sering Anda mendengar anak-anak yang meninggal karena jatuh ke kolam renang tanpa diketahui orang dewasa. Karena itu untuk pagar seperti itu janganlah diamankan oleh sebuah kaitan saja. Jika perlu pasanglah rantai dengan gembok sehingga tidak ada anak-anak yang dapat melewatinya. Sedangkan pintu keluar, berilah kunci atau penutup pada pegangannya sehingga tidak mudah diputar oleh anak kecil.

•    Jendela
     Bila rumah Anda bertingkat dua jangan lupa mengamankan jendela di tingkat atas. Jika anak-anak dapat membuka jendela itu ada kemungkinan mereka jatuh ke bawah.

•    Kompor
     Jangan lupa mematikan kompor sehabis memakai karena jari-jari kecil dapat meraih ke kompor itu dan terluka oleh panasnya. Pilihlah jenis kompor yang tidak mudah diraih oleh anak kecil. Kompor listrik lebih baik daripada kompor gas yang dapat menyala cepat apinya.

•    Kursi
     Sesuatu yang tampaknya tidak berbahaya, namun karena anak-anak suka memanjat-manjat, kursi beroda akan membahayakan mereka, bila mereka memanjatnya tanpa Anda ketahui.

•    Obat-obatan
     Jauhkanlah obat-obatan dari jangkauan anak-anak. Lebih baik taruhlah di dalam lemari yang terkunci. Anak-anak suka mengira pil adalah permen dan mencobanya. Ini sangat berbahaya bila mereka memakannya dalam jumlah besar.

•    Bahan pembersih
     Jika Anda menaruh bahan pembersih sebaiknya juga di lemari terkunci. Anak-anak dapat saja salah mengira karena warnanya yang menarik, mereka sangka obat pembersih itu sirup. Jangan sampai mereka meminumnya karena itu.

•    Rintangan
     Barang atau mainan yang tercecer dapat menyebabkan anak-anak jatuh apalagi bila mereka lari cepat-cepat. Karena itu selalu rapikan ruangan dari segala barang di lantai.

•    Tangga
     Bagi anak-anak mungkin naik turun tangga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Pastikan bahwa mereka diawasi ketika melakukannya. Jangan sampai ada mainan di anak tangga yang mungkin saja terinjak dan menyebabkan mereka atau orang lain jatuh.

•    Halaman
     Jagalah anak-anak ketika bermain di halaman karena mereka bisa saja ke luar ke jalan raya atau ke kali di samping rumah. Terutama jika jalan raya itu jalan yang ramai dengan mobil yang lalu lalang.

•    Alat-alat dapur
     Singkirkan alat-alat dapur yang dapat menimbulkan kecelakaan. Simpanlah pisau di laci terkunci, begitu juga garpu dan benda tajam lainnya.

•    Barang di kebun
     Ada juga alat-alat berbahaya di kebun misalnya gunting pohon yang tajam sangatlah berbahaya di tangan anak-anak yang kurang paham pemakaiannya. Demikian pula dengan cangkul, palu, linggis dan sebagainya, jangan sampai tergeletak di mana-mana sehingga mudah dipakai anak-anak bermain. Mereka tidak tahu fungsi alat-alat itu sehingga mudah saja menyalahgunakannya. Jauhkan semua itu, lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal di kemudian hari.

Baca, hidupkan, bagikan!

Post a Comment for "Sudah amankah kondisi rumah untuk buah hati Anda?"