Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siapa Sangka Daun Katuk Memiliki Banyak Manfaat Sayur-sayuran yang Baik Untuk Tubuh



Menurut penelitian bahwa daun katuk sudah banyak dikonsumsi secara luas diberbagai negara. Nama lain daun katuk adalah sauropus androgynus merupakan tumbuhan sayuran yang banyak terdapat di asia tenggara. Tumbuhan ini termasuk kedalam suku menir-meniran (phyllantheae), dan masih berkerabat dengan tumbuhan menteng, buni dan cemai. Tumbuhan ini juga termasuk dalam tibus phyllantheae dan subtitus flueggeinae. Daun katuk mengandung sejumlah manfaat sayur-sayuran yang baik untuk tubuh, beriku ini beberapa diantaranya :

1. Melancarkan ASI 

Efektif untuk melancarkan air ASI bagi ibu yang tengah menyusui. Senyawa minyak esensial (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid) sejumlah asam amino, vitamin a, b, dan c, mineral (kalsium, fosfor, zat besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya.

2. Mengatasi anemia

Daun katuk mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza. Kandungan zat besi yang cukup tinggi tentunya dapat mengatasi gejala penyakit anemi.

3. Mencegah penyakit mata

Sebagai sumber manfaat vitamin A yang diperlukan untuk mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh dan reproduksi. Dan menyehatkan mata, kandungan betakarotin yang tinggi dan vitamin A yang dipercaya membantu mencegah gangguan mata.

4. Baik untuk kesehatan pria

Dalam katuk terdapat zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormon steroid seperti progestron, dan testoteron sehingga membangkitkan vilitas seksual, dan mengacu kualitas dan kauntitas sperma.

Kesimpulannya, sangat banyak manfaat daun katuk bagi kesehatan tubuh uang ternyata belum kita ketahui. Daun katuk dapat disimpan dalam wadah kedap udara untuk penggunaan masa depan. Dan bisa juga daun katuk dimasukkan didalam lemari es. Demikian sebagian manfaat dari daun katuk. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Silahkan bagikan

Post a Comment for "Siapa Sangka Daun Katuk Memiliki Banyak Manfaat Sayur-sayuran yang Baik Untuk Tubuh"