Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Si kecil sulit sekali tidur? Mungkin ini penyebabnya


Ada anak yang tidak mudah ditidurkan walau Anda sudah berusaha melakukan banyak hal.

•    Ada anak yang tidak mudah ditidurkan walau Anda sudah berusaha melakukan banyak hal.
     Mungkin karena anak-anak itu ADD, kebanyakan gula, alergi dan banyak alasan lainnya. Apa yang harus Anda lakukan dalam hal ini?

•    Jangan berikan makanan yang serba manis
      Menjelang tidur biarkan mereka makan makanan yang tidak terlalu banyak mengandung gula. Susu juga berikan di pagi hari saja jika hal itu menyebabkan anak-anak alergi, tidak tahan laktose. Gula dicurigai membuat anak-anak hiper aktif, begitupun beberapa makanan lain, seperti pewarna makanan, pengawet makanan dan bahan penambah rasa seperti MSG. Hindarilah memberikan makanan yang mengandung semua ini menjelang jam tidur.

•    Kegiatan yang aktif
      Biarkanlah anak-anak membaca buku, menonton televisi atau melakukan kegiatan lainnya yang tenang. Juga pilihlah buku atau tayangan televisi yang tidak terlalu menegangkan, menggelisahkan atau terlalu gembira. Jangan sampai pikiran anak-anak itu terganggu sehingga sulit tidur. Begitu juga pastikan agar mereka sudah menyelesaikan PR sehingga mereka tidak gelisah memikirkannya.

•    Terang lampu
      Matikan semua lampu supaya anak lebih mudah tidur. Jika dia merasa takut, Anda dapat memasang lampu tidur yang kecil di tempat yang tidak mencolok sehingga membuat dia merasa aman. Kurangilah juga suara yang berisik dari televisi di ruang tamu. Buatlah suasana yang tenang dan redup sehingga membuat anak mengantuk.

•    Dongeng
      Dongeng sebelum tidur dapat membantu anak-anak kecil cepat mengantuk. Anda dapat menuturkan cerita yang sama beberapa kali. Anak-anak tidak peduli, yang penting mereka merasa aman ada Anda di sebelahnya dan dia dapat mendengar suara Anda. Lama-lama kantuk akan menyerang bahkan mungkin sebelum Anda selesai dengan dongeng Anda. Bila perlu Anda dapat meminjam buku dari perpustakaan dan membacakannya bagi anak Anda. Tentu saja pilihlah dongeng yang tidak seram atau membuat anak gelisah dalam tidurnya. Dongeng-dongeng Disney juga dapat dipakai tanpa menekankan tentang tukang sihir namun lebih menuturkan tentang kebahagiaan di akhir cerita. Ketika anak-anak penulis masih kecil, penulis kadang-kadang berhenti di toko buku untuk membaca satu dua cerita anak-anak. Namun seringnya penulis memakai dongeng yang sama sehingga belum juga setengah cerita mereka sudah jatuh tidur.

    Jam tidur
     Tentukan jam tidur yang sama setiap malam sehingga pola tidur mereka tidak berubah-ubah. Ini membantu kantuk supaya datang lebih cepat. Sesekali bila hari libur esoknya, mereka boleh tidur agak terlambat. Tetapi pada hari sekolah sebaiknya mereka selalu tidur tepat waktu. Dengan demikian mereka juga bangun pada saatnya untuk sekolah. Para ahli bahkan menyarankan agar mereka selalu tidur pada jam yang sama, tidak peduli apakah itu hari sekolah atau akhir pekan. Seisi rumah juga hendaknya tidur pada jam yang sama sehingga anak-anak tidak tergoda untuk bangun dan mengikuti kegiatan orang dewasa. Ketika semua orang tidur, mereka tidak mempunyai alasan untuk bangun lagi. Dan mereka tidak mempunyai alasan untuk merengek untuk tidak tidur.

•    Video game
     Jangan biarkan mereka bermain video game yang terlalu merangsang otak mereka. Akibatnya sulit untuk  menenangkan otak mereka kembali supaya gampang jatuh tertidur. Biarkan mereka main video game yang lambat dan agak membosankan, dengan demikian mereka akan mengantuk.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Post a Comment for "Si kecil sulit sekali tidur? Mungkin ini penyebabnya"