Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ancaman bagi kulit: sinar matahari!



Ternyata sinar matahari juga bisa berbahaya bagi kulit, lho. Terutama pancaran sinar yang berlangsung sejak pukul 9 pagi hingga 3 sore, karena mengandung sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Pada dasarnya, kulit manusia di|engkap' dengan pigmen melanin (dihasilkan oleh melanosit) yang berfungs' menangkal dampak sinar UV yang dipancarkan matahari. Ketika s'nar mengenai kulit maka melanosit bekerja mencegah sinar untuk nvasuk ke lapisan kulit Iebih dalam dengan menambah warna kulit mer_'adi semakin gelap. Berlegalah kamu yang berkulit gelap, karena berbagai penelitian
membuktikan bahwa semakin gelap kulit (semakin banyak pigmen), maka semakin kecil risiko terkena kanker kulit. Kanker kulit yang ditandai dengan adanya benjolan ganas ataupun adanya perubahan warna pada bagian kulit tertentu, sebagian besar diakibatkan oleh paparan sinar matahari berlebihan. Duh serem juga ya....

Sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kulit tidak hanya meningkatkan risiko kanker, tetapi kulit Iebih cepat mengalami penuaan, cepat berkerut dan timbul bercak flek hitam, kulit menebal atau menipis, sampai muncul benjolan-benjolan jinak maupun ganas. Karena itu, kita perlu melindungi diri kita dari terpaan sinar matahari pada waktu-waktu di atas jam 9 pagi hingga jam 3 sore.

Caranya antara lain dengan:



  • Menggunakan pelindung kulit dari sinar matahari yang dikenal dengan tabir surya. Gunakan tabir surya selalu sebelum keluar rumah minimal dengan SPF 15.
  • Bila berenang di ruang terbuka gunakan tabir surya jenis kedap air dengan SPF lebih tinggi.
  • Gunakan pelindung berupa topi untuk melindungi telinga, leher, dan juga wajah, serta kacamata hitam agar tidak sering mengernyitkan mata yang bisa memicu kerutan.
  • Lakukan olahraga atau aktivitas di luar rumah seperti jogging dan bersepeda sebelum pukul 9 pagi atau setelah pukul 4 sore, dan tetap gunakan tabir surya.

Untuk kulit wajah yang lebih sehat dan halus, selain pembersihan dan perawatan dengan pelembap wajah, usahakan untuk banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang baik bagi kulit sena perbanyak pula minum air putih agar kulit tetap lembap. Selain itu, lakukan perawatan facial minimal sebulan sekali untuk mengangkat kotoran yang tidak hilang hanya dengan sabun, serta membersihkan
komedo yang tersumbat. Pijatan-pijatan yang diberikan saat facial juga dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan membuat kulit wajah terasa lebih segar.



Banyak bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk kulit wajah, salah satunya adalah madu yang sejak dulu dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehaTan karena kandungan istimewanya yaitu fruktosa, glukosa, profein, vitamin dan mineral. Gunakan madu asli sebagai masker untuk melembutkan dan mengencangkan serta memberi gizi pada kulit. Oleskan madu di wajah yang Telah dibersihkan, diamkan sekifar 15 menit dan bilas dengan air hangat.





Post a Comment for "Ancaman bagi kulit: sinar matahari!"