Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

6 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Sebelum Tidur
Memang makan sebelum tidur malam tidaklah dilarang. Namun Ada beberapa half Yang harus diperhatikan, yaitu waktu Dan Janis makanan Yang dikonsumsi. Saat tidur tubuh akan terfokus untuk beristirahat,sehingga proses metabolisme menjadi lambat. Memperhatikan jeda antara makan dan waktu tidur juga take kalah penting, sebab saat tidur terjadi proses detoksifikasi.Sebaiknya anda sudah berhenti makan 2 jam sebelum tidur. 

Selain itu, anda juga harus memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi. Sebab Ada beberapa Janis makanan Yang dapat mengganggu kesehatan jika dikonsumsi sebelum tidur.

Mau tahuapa saja makanan yang dilarang dikonsumsi sebelum tidur? berikut ulasan lengkapnya:
1).
Dark chocolate

Banyak orang yang menganggap jika makan cokelat sebelum tidur mampu memberikan hormon bahagia dan bisa tidur dengan nyenyak. Namun faktanya cokelat terlebih lagi jenis dark chocholate memiliki banyak kandungan kafein dan kalori tinggi. Kandungan kafein ini menjadikan anda lebih berenergi dan awas, bukannya mengantuk. Bahkan cokelat terbukti memiliki kandungan theobromine yakni stiulan yang membuat anda terjaga, sehingga bisa mengganggu tidur dan meningkatkan denyut jantung.

2). Pizza

Siapa sih yang tidak suka dengan makanan khas Italia ini? Makan pizza di malam hari memang sangat menggiurkan, namun memiliki dampak buruk untuk kesehatan jika dikonsumsi sebelum tidur.Sebab saus tomat yang terasa asam pada pizza mampu menjadikan anda sakit perut di tengah malam.Selain itu, pizza yang anda konsumsi sebelum tidur akan menambah kalori yang tidak dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Hal ini disebabkan pizza dihidangkan dengan beberapa macam topping terlebih lagi ada ekstra keju mozzarella.

3). Ayam Goreng

Ayam goreng merupakan menu favorit semua orang, selain mudah didapatkan rasanya juga sangat lezat. Ayam goreng sangat nikmat jika disajikan dengan nasi dan kentang goreng. Ataupun dimakan sendirian juga tidak kalah nikmat.Namun disamping rasanya yang sangat nikmat, ada sisi negatif yang akan anda peroleh jika mengkonsumsi ayam goreng di malam hari. Yaitu memperlambat proses pencernaan tubuh. 

Hal ini dikarenakan kandungan protein dalam ayam bersifat kontraproduktif sehingga menjadikan tubuh fokus mencerna makanan bukannya istirahat. Namun proses pencernaan ini bisa di imbangi dengan cara memakannya bersama karbohidrat.

4). Sereal manis

Memang tidak masalah jika anda makan sereal sebelum tidur, akan tetapi sereal yang anda konsumsi harus rendah gula dan kaya akan serat.misalnya corn-flakes.Sereal mans yang dikonsumsi sebelum tidu akan langsung dicerna oleh tubuh, sehingga bisa menghambat produksi hormon tidur. Saat anda tak bisa tidur,bisa saja anda tergiur untuk mengkonsumsi makanan lain dalam jumlah banyak sepanjang malam.

5). Burger

Sama dengan pizza, burger juga tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak jenuh pada burger sangatlah tinggi, sehingga menjadikan sistem pencernaan bekerja jauh lebih keras. Pastinya hal ini akan mempengaruhi kualitas tidur anda. Anda akan sulit tidur dan tetap terjaga saat mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Tubuh akan kelelahan karena tak mampu fokus untuk memperoleh istirahat yang seharusnya.

6). Makanan Pedas

Rasanya memang sangat menggoda jika makan bakso ekstra sambal, ataupun mie instan di taburi potongan cabai saat malam hari, terlebih lagi mengemil keripik pedas sambil menonton televisi. Udara dingin di malam hari mendorog kita untukmakan yang segar-segar, seperti makanan pedas dan berkuah. 

Makanan pedas bisa meningkatkan selera makan dan membuat anda susah tidur karena lambung terasa panas sesudah makan makanan pedas. Maka dari itu hindari jenis makanan ini sebelum tidur.

Post a Comment for "6 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Sebelum Tidur"