Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Gagal Ginjal


       Penyebab Gagal Ginjal – Ginjal adalah salah satu bagian dari organ tubuh dengan funugsinya yang sangat banyak bagi berlangsungnya kehidupan manusia. Ginjal adalah salah satu organ ekskresi yang bentuknya seperti kacang. Dan sebagai suatu bagian dari sistem urin, fungsi dari ginjal adalah membantu menyaring kotoran yang paling utama adalah urea di darah dan bisa mengeluarkannya bersamaan dengan air namun dikeluarkan dalam bentuk urin. Untuk dalam keadaan normal, ada sepasang ginjal yang letaknya berada dibelakang perut atau abdomen. Dan ginjal tersebut terletak pada bagian kanan serta kiri bagian tulang belakang, letaknya tepat dibawah hati dan juga limpa. Dan untuk orang dewasa, setiap ginjal biasanya mempunyai ukuran yakni 11 cm dengan tingkat ketebalannya adalah 5 cm serta beratnya adalah 150 gram.

Penyakit Gagal Ginjal
      Penyakit gagal ginjal diakibatkan karena adanya penyakit serius yang mendasarinya dimana membuat tubuh semakin lama berakibat pada terjadinya ginjal rusak. Beberapa penyakit yang berdampak dari penyebab gagal ginjal adalah tekanan darah tinggi, penyakit diabetes, dan adanya sumbatan pada saluran kemih seperti batu, tumor, penyempitan atau struktur, serta kelainan autoimun, misalnya adalah penyakit lupus eritematosus sistemik, akibat menderita penyakit kanker, kelainan di ginjal.

Penyebab gagal ginjal yang lainnya :
1.    Penyebab gagal ginjal akibat penyakit TBC
2.    Penyebab gagal ginjal akibat penyakit sifilis
3.    Penyakit malaria
4.    Penyakit hepatitis
5.    Penyakit preeklampsia
6.    Karena obat-obatan
7.    Dan amiloidosis

       Selain itu, penyebab gagal ginjal yang lama kelamaan akan semakin berkembang menuju ke arah semakin parah dimana ginjal biasanya tidak akan bisa melakukan fungsinya dengan baik. dan di dunia medis dikenal sebagai gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik.

Tanda dan geala dari penyakit ginjal satu ini adalah :
1.    Pembengkakan pada mata
2.    Kaki
3.    Nyeri di pinggang sangat hebat
4.    Menderita penyakit kencing manis
5.    Demam
6.    Kencing yang sedikit
7.    Mengalami kencing merah atau kencing darah
8.    Sering buang air kecil
9.    Melangalami kelainan urin
10.    Lemas
11.    Tidak bertenaga
12.    Nafsu makan yang menurun
13.    Mual dan muntah
14.    Mengalami pembengkakan
15.    Kencing yang berkurang
16.    Gatal-gatal
17.    Sesak nafas
18.    Pucat atau mengalami penyakit anemia

        Penanganan serta pengobatan yang dilakukan dalam membantu mengatasi penyakit gagal ginjal ini adalah tergantung dari penyebab yang terjadi misalnya adalah kegagalan dari fungsi ginjal tersebut. Tujuan dari pengobatan adalah bisa mengendalikan gejala dan tanda yang bermunculan, paling tidak meminimalkan komplikasi yang terjadi dan bisa membantu memperlambat perkembangan dari penyakit. Misalnya sebagai contoh adalah : pasien membutuhkan diet dalam penurunan intake sodium, kalium, protein, dan juga cairan. Dan jika diketahui penyebab gagal ginjal adalah akibat dari penyakit lain yang mendasarinya maka biasanya dokter akan memberikan jenis obat-obatan serta terapi pemberian obat yang bisa membantu mengobati tekanan darah tinggi, penyakit anemia, dan juga kolesterol tinggi.

       Mereka yang mengalami masalah penyakit gagal ginjal harus selalu dipantai pemasukan dan pengeluaran cairannya, sehingga perlunya tindakan pengobatan yang tepat adalah suatu hal yang penting. Untuk beberapa kasus yang serius, biasanya pasien disarankan atau juga diberikan tindakan cuci darah. dan kemungkinan lainnya nyang dilakukan adalah untuk mencangkok ginjal atau juga melakukan transplantasi ginjal.

Cara mencegah penyakit gagal ginjal adalah :

1.    Mengendalikan penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan juga penyakit jantung dengan lebih baik
Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit sekunder akibat dari penyakit primer yang mendasarinya. Oleh sebab itulah, perlunya mengendalikan dan mengontrol penyakit primer agar tidak komplikasi menjadi gagal ginjal.
2.    Mengurangi makanan yang mengandung garam
garam adalah salah satu jenis makanan dengan kandungan natrium yang tinggi. Natrium yang tinggi bukan hanya bisa menyebabkan tekanan darah, namun juga akan memicu terjadinya proses pembentukan batu ginjal.
3.    Minumlah banyak air setiap harinya
Air adalah salah satu komponen makanan yang diperlukan tubuh agar bisa terhindar dari dehidrasi. Selain itu, air juga bisa berguna dalam membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. dan akan membantu untuk mempertahankan volume serta konsentrasi darah. selain itu juga bisa berguna dalam memelihara sistem pencernaan dan membantu mengendalikan suhu tubuh. jadi jangan sampai tubuh Anda mengalam dehidrasi.
4.    Jangan menahan buang air kecil
Penyaringan darah merupakan salah satu fungsi yang paling utama yang dimiliki ginjal. Disaat proses penyaringan berlangsung, maka jumlah dari kelebihan cairan akan tersimpan didalam kandung kemih dan setelah itu harus segera dibuang. Walaupun kandung kemih mampu menampung lebih banyak urin, tetapi rasa ingin buang air kecil akan dirasakan disaat kanduung kemih sudah mulai penuh sekitar 120-250 ml urin. Sebaiknya jangan pernah menahan buang air kecil. Hal ini akan berdampak besar dari terjadinya proses penyaringan ginjal.
5.    Makan makanan yang baik
makanan yang baik adalah makanan dengan kandungan nutrisi serta gizi yang baik. Hindari makanan junk food.

Post a Comment for " Penyebab Gagal Ginjal"