Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Nyeri dan Sakit Punggung dengan Bebagai Macam Tips


Di tengah kesibukan anda setiap harinya, tentunya pernah anda merasakan sakit atau nyeri pada punggung karena kelelahan fisik.

Sakit pada punggung memang sangat mengganggu apalagi jika berlangsung lama dan disertai rasa nyeri atau bahkan kram otot.

Hampir semua orang pernah mengalami masalah punggung pada usia tertentu. Ini karena tonus dan kekuatan otot cenderung berkurang seiring dengan bertambahnya umur, sehingga punggung semakin rentan terhadap cedera.

Bertambahnya umur yang membuat tulang punggung kaku, cakram tulang punggung menjadi aus, dan ruang tulang belakang semakin menyempit, sehingga membuat tulang-tulang bergesekan.

Kondisi ini umum terjadi tetapi tidak harus menimbulkan rasa sakit atau nyeri yang mengganggu.

Jika kita tahu bagaimana penanganan yang tepat pada sakit atau nyeri punggung ini maka keparahan atau bertambahnya rasa sakit akan dapat dihindarkan.

Sebenarnya sakit punggung adalah respon tubuh yang sangat normal, karena ketika punggung mulai terasa sakit, itu menandakan sudah waktunya tubuh untuk beristirahat guna mencegah cedera lebih lanjut.

Penyebab Sakit Punggung
Sakit punggung biasa disebabkan oleh cedera, keseleo, atau aktifitas berlebihan. Terkadang sulit untuk menentukan sebab pastinya karena struktur punggung yang kompleks .

Namun berikut ini ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan sakit pada punggung.

1. Cara mengangkat barang yang salah atau terlalu berat

Ketika anda beraktifitas berat seperti mengangkat barang atau benda yang cukup berat, disitulah punggung berfungsi sebagai penahan atau penopang sebagian besar beban tubuh.

Beban tubuh yang terlampau berat akan menyebabkan tulang punggung semakin tertekan apalagi jika kepadatan tulang kurang bagus. Karena itulah seseorang yang beraktifitas berat cenderung lebih rentan terkena sakit punggung.

Selain itu meskipun barang yang diangkat tidak terlalu berat, tetapi salah dalam mengangkatnya, maka sama saja akan menyebabkan otot di ruas tulang punggung menjadi kaku atau terkilir, dan akibatnya timbul inflamasi (peradangan) yang menyebabkan nyeri punggung.

2. Posisi tidur yang salah

Ini merupakan penyebab yang paling umum sakit punggung.

Posisi tidur yang salah atau tidur tanpa alas sering sekali menyebabkan sakit pada punggung. Bagi anda yang sering sakit punggung, coba perhatikan bagaimana anda tidur.

Hindari tidur dengan posisi tengkurap dan juga tidur dengan bantal yang terlalu tinggi. Posisi tidur yang baik adalah miring ke kanan dan juga berbaring, tapi jika anda bosan dengan kedua posisi tersebut maka sesekali cobalah miring ke kiri atau tengkurap.

Yang terpenting adalah carilah posisi yang nyaman saat tidur dan ketika bangun tidak membuat punggung atau leher menjadi sakit.

3. Trauma akibat kecelakaan, jatuh, atau cedera

Mengalami cedera, kecelakaan, atau jatuh sering kali menimbulkan nyeri pada bagian yang terluka. Seperti cedera saat olahraga, kecelakaan saat berkendara, dan jatuh dengan posisi yang salah akan memuat bagian tubuh tertentu menjadi nyeri meskipun tidak mengalami luka terbuka.

Jika saja bagian tubuh yang terkena di sekitar atau didekat punggung seperti tangan, kepala, dan pangkal paha, maka kemungkinan besar nyeri akan terasa hingga punggung. Kemungkin otot tertarik, atau terkilir pada kaki juga bisa menyebabkan sakit pada punggung.

4. Posisi duduk dan berdiri yang tidak benar

Pekerjaan  menuntut anda untuk bekerja dalam posisi duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, tentu saja akan menyebabkan kekakuan pada otot, kekakuan otot yang dibiarkan lambat laun akan menjadi nyeri.

Kekakuan atau ketegangan otot ini bisa diatasi dengan relaksasi ringan. Seperti jika pekerjaan anda menuntut anda duduk, maka sesekali cobalah lakukan peregangan ringan untuk melemaskan otot dan melancarkan peredaran darah.

Hindari juga duduk membungkuk atau terlalu condong ke belakang. Duduklah dengan posisi tulang belakang lurus, jangan miring ke kiri atau ke kanan dalam waktu lama.

Sedangkan jika berdiri, maka berdirilah dengan kedua kaki, jangan hanya menopang tubuh dengan satu kaki.

5. Berat badan yang berlebih

Jangan malas-malasan terutama jika anda seorang yang gemuk.

Kenapa ?

Karena orang dengan tubuh gemuk (obesitas) memiliki risiko lebih besar mengalami gangguan tulang seperti halnya sakit punggung. Sebaiknya sering-seringlah melakukan aktifitas atau bergerak agar tulang tetap terjaga elastisitasnya.

6. Kebiasaan Buruk

Terbiasa membawa tas jinjing, tas bahu, atau tas punggung yang terlalu berat juga akan menyebabkan sakit pada pinggang. Jadi sebisanya kurangi kebiasaan yang kiranya menyebabkan punggung menjadi sakit.

7. Stres dan penyakit tertentu

Sering mengalami stres atau sering marah marah, kemungkinan besar anda juga akan sering menderita sakit punggung.

Kenapa ?

Karena ketegangan emosional seperti stres juga berpengaruh pada ketegangan otot tubuh termasuk otot disekitar punggung.

Sedangkan penyakit tertentu seperti flu, demam, artritis, rematik, asam urat terkadang juga menimbulkan gejala berupa nyeri pada punggung.

Post a Comment for "Mengatasi Nyeri dan Sakit Punggung dengan Bebagai Macam Tips"