Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Gejala Orang Terkena Sakit Asma


      Ciri-Ciri Gejala Awal Orang Terkena Sakit Asma – Penyakit asma merupakan penyakit yang mengganggu saluran pernapasan manusia serta paru-paru atau bisa disebut juga dengan sesak napas. Penyakit asma tergolong penyakit kronis apabila secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama sehingga seseorang atau penderita mengalami kesulitan untuk bernapas. Ketika penderita mengalami serangan asma, hal ini pertanda bahwa telah terjadi pembengkakan pada saluran pernapasan yang menyebabkan dinding pada bagian dalam dari saluran pernapasan membengkak.

      Dengan terjadinya pembengkakan tersebut menyebabkan ukuran saluran udara mengecil sehingga si penderita Asma mengalami kesulitan pada saat bernapas. Biasanya ketika seseorang terserang penyakit asma akan muncul gejala-gejala lain yang mengiringi, seperti batuk, mengeluarkan bunyi khas penyakit asma yang mencuit-cuit (wheezing) serta yang pasti adalah penderita mengalami sesak napas.

      Penyakit asma tergolong penyakit yang dapat disembuhkan dan masih bisa dikendalikan. Pengendalian tersebut bisa dilakukan secara maksimal apabila penderita segera mengetahui penyakit asma telah menyerangnya sehingga pengoabatan pun segera bisa dilakukan. Pastinya segera periksakan diri ke dokter apabila kita mengalami gejala-gejala yang aneh pada tubuh. Penyakit asma bisa dipicu dari berabagai faktor termasuk lingkungan sekitar dan juga faktor keturunan.

Gejala Penyakit Asma
Beberapa gejala yang muncul apabila penyakit asma menyerang diantaranya :
1.) Sulit Bernafas
Gejala serangan penyakit asma berikutnya adalah rasa sulit ketika bernafas, jika seseorang dalam menjalankan aktivitas atau secara tiba-tiba merasa sulit bernafas bisa saja mengindikasikan bahwa seseorang mengindap penyakit asma, segera konsultasikan dengan dokter untuk memastikannya.
2.) Mengi
Apabila ada suara ketika sedang bernapas maka ini dinamakan dengan mengi. Ciri awal yang biasanya muncul pada penderita penyakit asma adalah mengi. Jika gejala ini muncul segera hubungi dokter.
3.) Nyeri pada bagian dada
Perasaan sakit pada daerah dada bisa saja merupakan salahsatu gejala penyakit asma, biasanya berupa perasaan tekanan dan perasaan berat pada dada, jika hal ini terjadi segera periksakan diri Anda ke dokter.
4.) Mudah Lelah
Kondisi mudah lelah sebenarnya merupakan kondisi umum apabila seseorang mengidap penyakit tertentu termasuk juga penyakit asma, jika kadar oksigen dalam tubuh berkurang ini bisa saja kemungkinan karena terganggunya saluran pernapasan.
5.) Iritasi tenggorokan
Kebanyakan kasus bahwa jika seseorang mengalami iritasi tenggorokan merupakan ciri dari gejala penyakit asma, iritasi pada tenggorokan ini disebabkan karena saluran pernapasan tersumbat lendir.
6.) Menghilangnya Suara
Gejala Penyakit Asma dalam tahap parah lainnya adalah kehilangan suara, ini diakibatkan karena batuk secara terus-menerus sehingga dalam jangka waktu tertentu penderita asma bisa saja kehilangan suaranya. Dan jika melakukan pembicaraan dalam waktu yang normal suara orang tersebut akan terdengar serak.
7.) Bibi dan juga Kuku Membiru
Pada tahap yang berbahaya jika seseorang terkena asma adalah membirunya bibir dan juga kuku, jika gejala ini muncul harus segera meminta bantuan dokter untuk ditangani lebih lanjut.
8.) Merasa sering panik dan juga cemas
Jika seseorang sering merasa panik dan juga cemas pada masalah-masalah kecil, ini juga merupakan salahsatu ciri dari penyakit asma. Tentu saja gejala ini bisa dihindari dengan cara tetap menenangkan diri dan mengkonsultasikannya dengan dokter.
9.) Batuk secara terus-menerus
Gejala serangan penyakit asma selanjutnya adalah batuk secara terus-menerus yang mengakibatkan napas menjadi pendek, meskipun banyak orang yang belum tahu tetapi gejala ini perlu diwaspadai karena bisa saja merupakan salahsatu ciri seseorang sakit asma.

        Mengatahui gejala penyakit asma yang muncul merupakan salahsatu cara agar tidak terjadinya keterlambatan dalam melakukan pertolongan pertama. Jika mengetahui ciri-ciri atau gejala yang nampak maka seseorang yang terkana penyakit asma dapat ditolong dengan cepat dan juga tepat.

         Pada saat penyakit asma menyerang biasanya penderita sudah menyiapkan obat asma yang berbentuk inhaler. Namun ada beberapa kejadian yang lebih parah pada ketika penyakit asma menyerang tidak dapat diredakan dengan inhaler. Serangan asma yang dalam fase parah ini dikenal dengan asthmaticus yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kegagalan pernapasan hingga berujung pada kematian.

Gejala Penyakit Asma Fase Berbahaya
        Namun ada beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan sebelum terjadi serangan asma berbahaya ini yakni dengan mengenali gejala-gejala asma yang timbul, dibawah ini merupakan gejala-gejala penyakit asma oleh WebMD dalam fase yang cukup parah dan bisa menjadi asthmaticus.

1.) Sulit untuk mengucapkan kalimat-kalimat panjang. Hanya mengucapkan beberapa patah kata dan tidak melanjutkan kalimat sampai selesai.
2.) Perasaan pada tidak bisa mengambil napad dan dada yang terasa tertutup,
3.) Bibir yang berubah warna menjadi biru,
4.) Penderita merasa sulit bernapas meskipun sedang berbaring,
5.) Napas dalam bentuk pendek-pendek dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama,
6.) Otot leher dan otot perut terasa tegang dan pundah dan punggung yang membungkuk,
7.) Untuk melakukan pernapasan yang lebih mudah diperlukan duduk dan juga berdiri,
8.) Tidak dapat berkonsentrasi, grogi dan merasa bingung.

Post a Comment for "Ciri-Ciri Gejala Orang Terkena Sakit Asma"