Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Penyakit Tipes, Gejala dan Pengobatannya


Tifus (tipes) atau demam tifoid adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi dan umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit yang banyak terjadi di negara-negara berkembang dan dialami oleh anak-anak ini dapat membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan baik dan secepatnya.

Tifus dapat menular dengan cepat. Infeksi demam tifoid terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi sejumlah kecil tinja yang mengandung bakteri. Pada kasus yang jarang terjadi, penularan terjadi akibat terkena urine yang terinfeksi bakteri.

ciri-ciri dan gejala penyakit tipes:
1. Demam atau panas dengan suhu tinggi, bisa mencapai hingga 39-40° C
2. Sakit kepala
3. Nyeri otot
4. Sakit perut
5. Tidak nafsu makan
6. Sembelit atau diare (Kecendrungannya, sembelit pada dewasa dan diare pada anak-anak)
7. Ruam berupa bintik-bintik merah muda kecil
8. Pegel-pegel
9. Lemas
10. Rasa Kebingungan, seperti disorientasi tempat dan lingkungan

Dengan pengobatan yang tepat, gejala penyakit tipes ini akan cepat membaik dalam waktu tiga sampai lima hari. Namun jika tidak diobati, biasanya akan semakin memburuk selama beberapa minggu dan ada risiko komplikasi yang mengancam jiwa.

Namun demikian penyakit tipes dapat sembuh sendiri tanpa diobati, akan tetapi waktu penyembuhannya dapat memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk sepenuhnya pulih, dan gejala tipes dapat kembali kambuh. Penyakit ini memang dapat berkembang secara bertahap dari minggu ke minggu.

Gejala Tipes Minggu Pertama.
1. Demam, awalnya rendah lama-lama meningkat hingga 103 atau 104 F (39,4 atau 40 C)
2. Sakit kepala
3. Kelemahan dan kelelahan
4. Batuk kering
5. Tidak nafsu makan
6. Sakit perut
7. Diare atau sembelit
8. Ruam
9. Gejala Tipes Minggu Kedua.

Jika tidak mendapat pengobatan untuk demam tifoid, maka dapat memasuk pada tahap kedua dengan kondisi yang semakin memburuk, seperti:
1. Demam tinggi tetap tinggi
2. Diare atau sembelit semakin parah
3. Berat badan turun
4. Perut kembung membesar
5. Gejala Tipes Minggu Ketiga.
6. Pada minggu ketiga, dapat mengalami :
7. Mengigau
8. Terlihat sangat lemah dengan mata sayu setengah tertutup.
9. Komplikasi yang mengancam jiwa sering muncul pada minggu ketiga ini.

Gejala Tipes Minggu Keempat.
Mungkin terjadi perbaikan secara perlahan selama minggu keempat ini. Demam akan cenderung turun secara bertahap sampai suhu tubuh kembali normal dalam satu minggu sampai 10 hari. Tapi tanda-tanda dan gejala dapat kembali sampai dua minggu setelah demam mereda.

Berbagai Pilihan Obat Sakit Tipes Alami yang Ampuh.


1.Cacing Tanah
Seperti disebutkan sebelumnya, cacing tanah merupakan salah satu obat sakit tipes yang paling ampuh. Pengobatan tipes dengan cacing tanah telah dibuktikan secara klinik dan juga melalui penelitian. Meskipun terlihat sepele, sebenarnya cacing tanah banyak manfaatnya untuk kesehatan, selain untuk mengobati tipes juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati demam, cacar, gangguan kemih, dan lain sebagainya.
Cacing tanah ini bisa didapatkan dari kebun, biasanya lebih mudah dicari pada malam hari. Ambil beberapa cacing tanah, sekitar 10 cacing. Bersihkan dengan air, usahakan juga buang isi perutnya. Cara memasaknya ada 2 macam, dengan direbus selama 10 menit kemudian setelah suhu turun menjadi cukup hangat baru dikonsumsi (jangan tunggu dingin karena airnya akan terasa lengket) dan yang kedua adalah dengan dipanggang tanpa minyak, lalu campurkan ke dalam air putih dan minum. Bisa juga langsung dimakan tanpa dicampur minuman, cacing tanah sendiri tidak ada rasanya. Resep ini untuk 3x minum/makan dalam sehari.


2. Cengkeh
Obat sakit tipes alami berikutnya adalah cengkeh. Sebagai bumbu masakan, cengkeh bisa dengan mudah dicari di pasar-pasar tradisional ataupun di supermarket. Pemanfaatannya untuk mengobati penyakit tipes adalah dengan cara direbus. Untuk penyajian 1 hari, cukup 8 batang cengkeh direbus ke dalam 8 gelas air. Biarkan mendidih dan menguap hingga tersisa setengahnya.


3. Bawang Putih
Selain dimanfaatkan untuk bumbu masakan, bawang putih dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk salah satunya sebagai obat penyakit tipes. Kemampuan bawang putih untuk mengatasi bakteri sangat berguna untuk melawan Salmonella Typhi, bakteri penyebab sakit tipes. Bawang putih juga dikenal dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga juga dapat mempercepat penyembuhan dari penyakit ini. Untuk mengobati tipes, makan 2 siung bawang putih setelah makan, lakukan sekitar 3x sehari selama beberapa sehari secara teratur.


4. Daun Kemangi
daun kemangi atau selasih daun yang baunya harum dan sering dikonsumsi sebagai lalapan ini mengandung zat antibiotik dan antibakteri secara alamiah. Cara pemanfaatannya adalah dengan merebus 20 lembar daun kemangi dan 1 sdt parutan jahe ke dalam 1 gelas air. Rebus hingga mendidih dan airnya tersisa setengah. Setelah suhu turun tambahkan sedikit madu, jangan ditambahkan saat panas karena akan merusak nutrisi madu. Campuran ini untuk diminum 2 hingga 3 kali sehari, lakukan berulang selama beberapa hari.


5. Ramuan Sambiloto + Temulawak + Jinten Hitam
Ramuan tanaman toga (obat keluarga) ini merupakan obat sakit tipes yang cukup mudah didapatkan. Ambil 10 lembar daun sambiloto, 15 gram temulawak dan juga jinten hitam. Proses pembuatannya pun tidak sulit dan tidak memakan waktu yang lama. Cuci dulu dedaunan yang sudah Anda siapkan sebelumnya, lalu potong kecil-kecil dan rebus bersama jinten hitam sampai airnya mendidih. Minum sebanyak 2 kali sehari sampai gejalanya mereda dan kondisi mulai membaik.
Semoga bermanfaat...!!!

Post a Comment for "Pengertian Penyakit Tipes, Gejala dan Pengobatannya"