Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin


Indonesia merupakan negara dengan iklim yang cukup panas. Meskipun ketika malam hari tiba, suhu udara tetap terasa panas dan gerah. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya sebagian orang menggunakan kipas angin untuk mengurangi suhu yang panas dan gerah. Kebiasaan menggunakan kipas angin ketika tidur merupakan hal yang menjadi pilihan kebanyakan orang.

Dengan adanya kipas angin membuat nyaman ketika tidur di malam hari. Tapi pada kenyataannya tidur terlalu sering menggunakan kipas angin justru dapat menyebabkan beberapa efek buruk pada tubuh. Apalagi jika kipas angin langsung berhadapan dengan wajah kita atau tubuh. Sebagai informasi berikut ini adalah beberapa bahaya tidur menggunakan kipas angin pada saat tidur.

Berikut 5 Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin

Mengalami Kekurangan Oksigen
Salah satu bahaya yang timbul jika terlalu sering menggunakan kipas angin adalah tubuh akan mengalami kekurangan oksigen. Ini dikarenakan kipas angin yang mengarah ke tubuh atau wajah kita, menyebabkan tubuh akan kesulitan bernapas. Ini dikarenakan kurangnya jumlah oksigen dalam darah akibat dari sedikitnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Apalagi masih ditambah dengan ruangan yang tertutup menambah sirkulasi udara tidak lancar. Jadi usahakan menghindari penggunaan kipas angin terlalu sering dan usahakan terdapat ventilasi pada ruangan untuk sirkulasi udara.

Mengalami Penurunan Suhu pada Tubuh
Bahaya tidur menggunakan kipas angin yang selanjutnya adalah mengalami penurunan suhu pada tubuh. Ketika suhu pada tubuh menurun secara drastis, ini akan menyebabkan tekanan darah serta sistem pernafasan pada tubuh akan mengalami gangguan. Hal ini tentu berbahaya pada organ jantung serta paru-paru.

Resiko Debu Masuk ke Dalam Tubuh

Resiko dari debu yang masuk ke dalam tubuh bisa juga terjadi. Ketika menggunakan kipas angin debu yang ada di udara ikut berterbangan, akibatnya adalah resiko udara kotor masuk ke dalam tubuh. Untuk meminimalisir udara kotor, sebaiknya ruangan memiliki ventilasi, menggunakan kipas angin jangan terlalu lama atau juga membuka pintu ketika menggunakan kipas angin.

Menyebabkan Badan Menjadi Kurang Bugar
Badan kurang bugar merupakan bahaya dari tidur menggunakan kipas angin terlalu sering. Ketika bangun tidur dengan kondisi kipas angin menyala biasanya tubuh lemas dan kurang bugar. Badan yang lemas dan kurang bugar ini akibat tekanan udara yang langsung mengarah ke tubuh dari gerakan kipas. Bisa juga tubuh mengalami kekurangan pasokan oksigen.

Menyebabkan Kulit Kering
Adapun bahaya tidur menggunakan kipas angin yang terakhir adalah dapat menyebabkan kulit kering karena tubuh mengalami kekurangan air akibat dari terkena angin.

Seperti penjelasan di atas untuk mengatasi penggunaan kipas angin ketika tidur sebaiknya usahakan kamar memiliki ventilasi yang cukup untuk sirkulasi atau pergantian udara serta usahakan tidak mengarahkan langsung kipas angin ke tubuh. Anda bisa memutarkan kipas angin untuk mengurangi tekanan yang langsung mengarah ke tubuh. Itulah 5 bahaya tidur dengan kipas angin secara langsung.


Post a Comment for "5 Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin"