Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Kolesterol


          Kadar kolesterol yang tinggi akan menyebabkan penebalan plak di lumen pembuluh darah, tapi juga mudah memicu kerusakan dinding pembuluh darah. Plak yang menempel pada dinding pembuluh darah itu berisi lemak dan komponen peradangan.
Plak yang semakin menebal pada dinding pembuluh darah akan semakin mempersempit lumen pembuluh darah. Plak yang berisi kolesterol ini bisa muncul di pembuluh darah mana saja. Namun yang paling berbahaya ialah jika plak tersebut berada di pembuluh darah jantung koroner dan pembuluh darah di otak. Sewaktu-waktu, plak ini bisa menutupi seluruh lumen pembuluh darah. Atau bisa juga plak tersebut pecah (ruptur) dan pecahnya terbawa oleh aliran darah ke organ lain, misalnya di jantung.
Jika ia terbawa hingga ke pembuluh darah jantung, maka dapat dibayangkan apa yang terjadi pada jantung tersebut. Pecahan plak akan langsung menyumbat aliran darah dan akibatnya jantung tidak dapat menerima darah. Kemudian tidak lama otot jantung akan mati. Keadaan inilah yang disebut sebagai heart attack.
Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah. Di banyak apotek maupun klinik, sekarang sudah tersedia alat pemeriksaan kolesterol yang sederhana, cepat dan mudah. Pemeriksaan kolesterol ini menggunakan metode dipstick yang mengambil sample darahnya dari pembuluh darah kapiler yang terletak di ujung jari tangan. Hanya dengan meletakkan beberapa tetes darah saja, kita bisa segera tahu berapa kadar kolesterol dalam darah.

Setelah melakukan pemeriksaan awal, ada baiknya Anda juga melakukan pemeriksaan kolesterol yang diambil dari darah vena. Cara ini tentu saja jauh lebih akurat karena selain kadar kolesterol total, kita juga bisa tahu berapa kadar HDL (kolesterol baik) dan LDL (kolesterol jahat). Kadar kolesterol total yang diharapkan adalah tidak lebih dari 200 mg/dL, dengan komposisi LDL < 150 mg dan HDL > 50 mg/dL.
Beberapa gejala penyakit kolesterol tinggi adalah :

Nyeri di kaki
Gejala ini merupakan gejala umum atau klaudikasino, yaki adalah nyeri yang terasa dibagian kaki atau juga munculnya rasa kurang nyaman pada bagian kaki. Hal ini bisa diakibatkan karena tersumbatnya oleh arteri sehingga aliran darah yang seharusnya masuk ke kaki mengalami hambatan. Dan sebagain orang yang sudah melaporkan bahwa kaki mereka menjadi terasa berata atau juga menjadi terasa lelah saat sedang digunakan. Dan kemudian rasa sakit ini bisa menyebar menuju ke seluruh kaki, betis, paha, bahkan sampai bokong. Kemudian gejala ini akan hilang jika  melakukan gerakan atau juga berjalan, dan akan timbul lagi jika sedang digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Kram yang terjadi di malam hari
Disaat tidur, orang dengan gangguan kolesterol tinggi biasanya akan merasakan kram dibagian tumit, jemari kaki atau juga pada kaki bagian bawah. Dan rasa sakit ini akan hilang jika posisi dari kaki digantung atau berada pada posisi yang lebih tinggi dibandingkan badan. Mudahnya adalah angkatlah kaki disaat tidur selama beberapa menit sampai kram yang muncul tadi hilang dengan perlahan. Dan kaki bisa disandarkan di dinding.

Kuku berubah
gejala kolesterol tinggi lainnya adalah kuku berubah. Hal ini disebabkan karena kuku tidak mendapatkan asupan darah yang cukup akibat dari sirkulasi darah yang mengalami gangguan, dan akan terjadi suatu perubahan misalnya seperti kuku yang semakin menebal dan juga tumbuh menjadi lebih lambat saat di potong.

Kulit yang ikut berubah
Dokter biasanya sering melakukan pemeriksaan kolesterol pada orang yang sering merasakan beberapa gejala kolesterol tinggi untuk memastikan lebih jelas dengan cara mengangkat dan juga menggantung atau juga meletakkan kaki diatas bangku atau juga meja.
Obat Kolesterol Tinggi Alami :

Sarang semut
Obat Kolesterol Tinggi Alami yang pertama adalah sarang semut. Sarang semut adalah salah satu obat herbal alami yang berasal dari Papua dengan kandungan senyawa tokoferol dan flavonoid didalamnya sebagai sumber antioksidan yang aktif untuk membantu mengencerkan darah yang menggumpal di pembuluh jantung.

Daun dewa
Obat Kolesterol Tinggi Alami yang kedua adalah umbi tanaman daun dewa. Daun dewa yang terkenal dikonsumsi sebagai lalapan ternyata juga sangat baik dalam membantu mengatasi penyakit kolesterol tinggi. Caranya adalah anda bisa membuat ramuan herbal dari umbi daun dewa dengan cara ditumbuk dan kemudian disaring dengan air hangat, ini bisa membantu untuk melancarkan aliran darah dengan baik di jantung yang bermasalah.

Mengkudu
Obat Kolesterol Tinggi Alami lainnya adalah mengkudu. Mengkudu bisa Anda buat sebagai obat kolesterol tinggi dengan cara di jus, dan jus mengkudu ini diminum setiap hari supaya gejala kolesterol serta menurunkan resiko penyakit jantung secara alami.

Kulit manggis
Obat Kolesterol Tinggi Alamiyang keempat adalah kulit manggis. Buah manggis adalah salah satu jenis buah yang sudah tidak asing lagi. Dari beberapa penelitian yang menyebutkan jika terapi jus kulit manggis ternyata sangat baik dalam membantu memelihara kesehatan organ jantung. Adanya kandungan senyawa baik didalam herbal kulit manggis ini bisa membantu mengobati berbagai resiko penyakit diantaranya adalah untuk kolesterol tinggi dan juga penyakit diabetes.

Daun sukun
Obat Kolesterol Tinggi Alami lainnya adalah dengan daun sukun. Daun sukun mengandung berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan Dan salah satunya adalah untuk kesehatan jantung. Daun sukun yang mengandung zat anti radang atau anti inflamasi didalamnya bisa berguna untuk membantu memelihara kesehatan jantung serta kesehatan ginjal Dan ini sudah diteliti dari beberapa riset yang dilakukan oleh pakar kesehatan.

Post a Comment for "Penyakit Kolesterol"