Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kanker Serviks


 Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Meski terjadi pendarahan, belum berarti Anda menderita kanker serviks. Untuk memastikan penyebab kondisi Anda, segera tanyakan kepada dokter. Jika dicurigai terdapat kanker serviks, rujukan menemui dokter spesialis akan diberikan.
Penyebab Kanker Serviks.
    
Kanker serviks dimulai ketika sel-sel yang sehat mengalami mutasi genetik atau perubahan pada DNA. Mutasi genetik ini kemudian mengubah sel normal menjadi sel abnormal. Sel yang sehat akan tumbuh dan berkembang biak pada kecepatan tertentu, sedangkan sel kanker tumbuh dan berkembang biak tanpa terkendali.

Jumlah sel abnormal yang terus bertambah akan membentuk tumor. Sel kanker yang muncul kemudian menyerang jaringan di sekitarnya. Sel ini bisa melepaskan diri dari lokasi awal dan menyebar ke wilayah tubuh lainnya, proses ini disebut sebagai metastasis.
Ciri-Ciri Menderita kanker serviks.
1. Saat berhubungan intim selaku merasakan sakit, bahkan sering diikuti pleh adanya perdarahan.
2. Mengalami keputihan yang tidak normal disertai dengan perdarahan dan jumlahnya berlebih
3. Sering merasakan sakit pada daerah pinggul
Mengalami sakit saat buang air kecil.
4. Pada saat menstruasi, darah yang keluar dalam jumlah banyak dan berlebih.
Saat perempuan mengalami stadium lanjut akan mengalami rasa sakit pada bagian paha atau salah satu paha mengalami bengkak, nafsu makan menjadi sangat berkurang, berat badan tidak stabil, susah untuk buang air kecil, mengalami perdarahan spontan.

Pencegahan Kanker Serviks
1. Jalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi
Selalu menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi lingkungan
2. Hindari pembersihan bagian genital dengan air yang kotor
Jika anda perokok, segera hentikan kebiasaan buruk ini
Hindari berhubungan intim saat usia dini
3. Selalu setia kepada pasangan, jangan bergonta-ganti apalagi diikuti dengan hubungan intim.
4. Lakukan pemeriksaan pap smear minimal lakukan selama 2 tahun sekali, khususnya bagi yang telah aktif melakukan hubungan intim
5. Jika belum pernah melakukan hubungan intim, ada baiknya melakukan vaksinasi HPV
Perbanyaklah konsumsi makanan sayuran yang kandungan beta karotennya cukup banyak, konsumsi vitamin c dan e.



Tanda – Tanda Kanker Serviks Stadium Awal.
Tanda-tanda kanker serviks stadium awal dapat dilihat dari rasa sakit pada mulut rahim. Rasa sakit tersebut memang tidak muncul dengan intensitas yang sering. Tetapi jika penyakit ini semakin parah rasa sakit tersebut akan sangat terasa.
Apabila kita merasakan mulut rahim terasa sakit lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter karena itu adalah salah satu tanda kanker rahim. Rasa sakit pada mulut rahim diakibatkan oleh virus human papilloma yang mulai menggerogoti sel dan jaringan pada mulut rahim.
Tanda lain yang dapat di rasakan adalah sakit pada saat berhubungan intim dengan suami. Rasa sakit tersebut tidak seperti biasanya dan cenderung perih. Dalam banyak kasus ada pula wanita yang mengeluarkan darah pada saat berhubungan intim.
Darah yang keluar tersebut adalah tanda dari kanker serviks yang cukup parah.  harus melakukan tindakan yang cepat karena jika  lambat bisa membuat  tidak memiliki anak karena rahim yang ada dalam tubuh harus diangkat.







Post a Comment for "Kanker Serviks"