Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Tanda Gejala Migrain

Penyebab ciri tanda gejala migrain sakit kepala sebelah memang seringkali menyebabkan seseorang merasa terganggu kenyamanannya dan juga mengganggu aktifitas sehari-hari.

Migren adalah merupakan salah satu jenis macam sakit kepala yang banyak dialami dan dikeluhkan selama ini. Serangan migren terasa menyiksa karena gejala yang dialami bukan sekedar sakit kepala biasa. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab migren.
Penyebab Tanda Gejala Migrain


Faktor Penyebab Migren

Memang dalam dunia medis kesehatan penyebab utama timbulnya sakit kepala migrain memang belum diketahui secara pasti. Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa menyebabkan pemicu timbulnya sakit kepala migren ini antara lain adalah sebagai berikut :

Stres

Stress telah diketahui menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Misalnya stres karena pekerjaan, stres karena permasalahan persoalan di keluarga atau rumah, tekanan beban pekerjaan. Faktor pemicu lainnya seperti stres dan kelelahan bisa memicu migrain pada sebagian pengidap sakit kepala sebelah ini.

Karena memang tidak sedikit dampak pengaruh stress juga terhadap kesehatan. Baca di : Dampak Efek pengaruh Stress Pada Kesehatan.

Hormon

Penyebab migren pada wanita sering dikaitkan dengan terjadinya fluktuasi perubahan hormon pada perempuan. Wanita jauh lebih sering terkena migren daripada pria karena fluktuasi hormon ini.

Sebagian besar wanita yang mengalami serangan rutin migren, mengatakan bahwa mereka mengalami migren tepat sebelum atau sesudah periode bulanan mereka. Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat penurunan hormon estrogen pada wanita dapat menyebabkan migren.

Wanita yang akan mengalami Menopause dan memiliki kadar estrogen yang rendah mungkin akan mengalami sakit kepala yang cukup parah.

Faktor Genetik

Diduga adanya kaitan yang erat antara genetik dengan terjadinya migrain. Sebagian besar penderita migren mempunyai riwayat keluarga yang juga mengalami tanda ciri-ciri migren. Sebagian besar penderita migren masih berusia muda.

Dan juga sekitar setengah pengidap migrain memiliki kerabat dekat yang juga mengalami migrain. Ini adalah termasuk dalam faktor resiko timbulnya migrain.

Tidur

Perubahan pola tidur merupakan salah satu penyebab munculnya migren. Perubahan mendadak dalam pola tidur bisa menyebabkan migren yang berat.

Banyak penderita mengatakan bahwa serangan migren muncul setelah tidur dalam waktu yang cukup lama, misalnya karena tidur lebih panjang pada akhir pekan.

Sedangkan bagi sebagian yang lain bisa dipicu karena waktu tidur yang kurang.

Obat

Obat-obatan juga bisa menjadi penyebab migren. Obat-obatan seperti obat sakit kepala yang digunakan selama periode waktu yang lama dapat memicu serangan migren.

Terapi penggantian hormon atau kontrasepsi oral dan obat-obatan yang digunakan untuk melebarkan pembuluh darah merupakan beberapa obat yang dapat menyebabkan migren juga.

Selain penyebab yang tersebut di atas, migren juga dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti perubahan cuaca mendadak, dataran tinggi, atau gula darah rendah.

Tanda Gejala Ciri Migrain

Berikut beberapa serangan migren pada seseorang ditandai dengan antara lain sebagai berikut :

Nyeri Pada Satu Sisi Kepala

Sakit kepala karena tegang atau sakit kepala jenis lain cenderung menyebabkan sakit kepala menyeluruh, atau setidaknya merata pada kedua sisi. Nyeri sakit kepala sebelah macam ini yang disertai mual merupakan salah satu pertanda Anda terkena migren dan bukan jenis sakit kepala lainnya.

Sakit migren umumnya semakin parah bila ditambah aktivitas fisik. Penderita migrain juga dapat mengalami rasa sakit seperti berdenyut, merasa dipukuli, ditarik-tarik, lemas, sehingga sulit untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Sensitif Terhadap Cahay

Orang yang memiliki migrain sering mengeluh sakit kepala yang disertai dengan sensitivitas akut terhadap kebisingan atau cahaya. Bagi sebagian orang, cahaya, suara, dan bau tertentu juga dapat memicu migrain.

Mual

Beberapa tanda dan gejala pada penderita migren umumnya bervariasi. Mual adalah komponen kunci dari pencetus migren. "Jika Anda mengalami sakit kepala tanpa rasa mual, Anda tidak memiliki migrain," kata Robert Cowan, MD, spesialis saraf dari Stanford University School of Medicine.

Selain mual, gangguan pencernaan lain seperti muntah dan diare patut diwaspadai.

Aura

Aura adalah semacam efek yang menyebabkan gangguan penglihatan. Penderita migern biasanya mengalami gangguan pandangan berupa titik hitam, garis, berkunang-kunang, dan kilatan cahaya.

Gangguan pengelihatan (pandangan kabur) harus diwaspadai sebagai tanda bakal munculnya serangan migren.

Perubahan Sensasi

Perubahan sensasi seperti merasa kesemutan pada tangan atau kaki, atau mati rasa pada lengan, kaki, atau bagian dari wajah Anda, semuanya berkaitan dengan migren. Kondisi ini umumnya berlangsung selama serangan migren terjadi.

Jenis sensasi fisik tersebut cukup mengkhawatirkan dan dapat meningkatkan kecemasan serta stres akibat migrain.

Cara Mencegah Migrain

Ada beberapa cara kiat tips mencegah timbulnya serangan migrain antara lain :
  • Menjalani gaya hidup sehat dengan tidur cukup dan teratur, olahraga teratur, pola makan sehat, batasi konsumsi minuman keras, dan kafein.
  • Mengenali dan menghindari pemicu migrain seperti kurang istirahat, stress, dan konsumsi makanan serta minuman tertentu.
  • Menghindari konsumsi obat-obatan tertentu seperti pada wanita yang mengidap migrain saat menstruasi, disarankan untuk menghindari obat-obatan yang mengandung hormon estrogen seperti pil KB.
  • Mengonsumsi obat-obatan pencegah migrain.

Terik sinar matahari, kelembapan tinggi, suhu panas dan bahkan tekanan udara berpotensi memicu migrain. orang yang mengalami ini tergolong rentan terhadap cuaca.

Perlu diingat, bahwa pemicu migrain sangat bervariasi pada setiap orang. Kamu harus selalu waspada terhadap penyebab migrain yang kamu alami.

Migrain dapat berdampak besar bagi hidup pengidapnya. Anda kadang-kadang menjadi tidak bisa beraktivitas secara normal saat terserang penyakit ini. Sebagian orang dalam suatu waktu perlu tetap tinggal di tempat tidur selama beberapa hari saat dan setelah terserang migrain.

Meski serangan migrain terkadang dapat memburuk dari waktu ke waktu, namun dalam hitungan tahun, umumnya kondisi pengidap cenderung untuk membaik. Beberapa pengobatan dan metode efektif dapat membantu mencegah migrain sehingga tidak terjadi banyak gangguan dalam hidup pengidapnya

Post a Comment for "Penyebab Tanda Gejala Migrain"