Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Pemicu Asma

Penyebab tanda gejala pencetus serangan asma perlu diwaspadai oleh orang-orang yang menderita penyakit saluran pernafasan semacam penyakit asma ini.

Penyakit Asma adalah merupakan salah satu dari penyakit yang menyerang saluran pernafasan dan mengakibatkan terjadinya penyempitan saluran pernafasan sulit bernafas.

Penyakit asma merupakan penyakit yang mengganggu saluran pernapasan manusia serta paru-paru atau bisa disebut juga dengan sesak napas. Penyakit asma tergolong penyakit kronis apabila secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama sehingga seseorang atau penderita mengalami kesulitan untuk bernapas.

Ketika penderita mengalami serangan asma, hal ini pertanda bahwa telah terjadi pembengkakan pada saluran pernapasan yang menyebabkan dinding pada bagian dalam dari saluran pernapasan membengkak.

Penyebab Penyakit Asma


Penyebab asma belum diketahui secara pasti hal-hal yang bisa menimbulkan dan menyebabkan terjadinya Penyakit Asma (Asthma) atau Asma Bronchiale. Telah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli di bidang asma untuk menerangkan sebab terjadinya asma, namun belum satu pun teori atau hipotesis yanga dapat diterima atau disepakati semua para ahli

Penyebab Pemicu Asma

Hanya saja seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat asma berisiko tinggi mengalami gangguan pernapasan tersebut. Jika salah satu orangtua menderita asma maka kemungkinan besar anaknya akan menderita asma pula. Namun, asma bukanlah penyakit menular melainkan penyakit turunan.

Serangan asma bisa terjadi dengan menunjukkan gejala perlahan-lahan atau terjadi secara tiba-tiba. Agar asma tidak kambuh, penderita sebaiknya menghindari segala hal-hal yang bisa memicu terjadinya asma.

Pada penderita asma, penyempitan saluran pernafasan merupakan respon terhadap rangsangan yang pada paru-paru normal tidak akan mempengaruhi saluran pernafasan.

Pemicu Pencetus Asma


Serangan asma adalah suatu reaksi terhadap pemicu (allergen). Hal ini mirip dengan banyak cara untuk membuat reaksi alergi. Reaksi alergi merupakan respon oleh sistem kekebalan tubuh, dimana bila sel-sel dari sistem kekebalan tubuh terserang, mereka memicu serangkaian reaksi yang membantu melawan serangan tersebut, respon inilah yang akhirnya menyebabkan gejala serangan asma.

Penyempitan saluran pernafasan pada asma semacam ini dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan olahraga.

Faktor makanan juga bisa menyebabkan dan memicu kambuhnya asma. Asma juga bisa dicetuskan oleh beberapa makanan seperti junk food yang tinggi kadar MSG dan pengawetnya, minuman dingin atau es, coklat dan kacang yang mengandung alergen.

Udara yang dingin juga bisa mengakibatkan dan juga memicu kambuhnya asma. Kondisi asma bisa memburuk bila berada pada di ruangan dingin atau di daerah pegunungan yang bersuhu dingin.

Faktor emosional stres serta juga kekacauan emosional juga bisa mengakibatkan kambuhnya asma. Adanya perasaan tidak menyenangkan membuat beban pikiran dan tekanan mental yang akhirnya berimbas pada saluran pernapasan seseorang

Pada suatu serangan asma, otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena adanya peradangan dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara.

Pemicu Pencetus Tanda Gejala Asma

Tanda gejala asma antara lain yang dirasakan oleh para penderitanya adalah nafas menjadi pendek, timbul gejala batuk-batuk dan terdengar bunyi mengi saat terjadinya serangan asma yang kambuh. Atau di dunia kesehatan dikenal dengan istilah wheezing atau bunyi khas penyakit asma.

Ciri-ciri gejala asma lainnya antara lain adalah sebagai berikut :

Sesak Nafas Sulit Bernafas

Gejala serangan penyakit asma berikutnya adalah rasa sulit ketika bernafas, jika seseorang dalam menjalankan aktivitas atau secara tiba-tiba merasa sulit bernafas bisa saja mengindikasikan bahwa seseorang mengidap penyakit asma.

Nyeri Bagian Dada

Nyeri dada selain merupakan salah satu tanda gejala penyakit jantung koroner, hal ini juga merupakan bagian dari salahsatu gejala penyakit asma, biasanya berupa perasaan tekanan dan perasaan berat pada dada, jika hal ini terjadi segera periksakan diri ke tenaga medis dokter.

Batuk Terus-Menerus

Gejala serangan penyakit asma selanjutnya adalah batuk secara terus-menerus yang mengakibatkan napas menjadi pendek, meskipun banyak orang yang belum tahu tetapi gejala ini perlu diwaspadai karena bisa saja merupakan salah satu ciri seseorang sakit asma.

Post a Comment for " Penyebab Pemicu Asma"