Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Diet?



Mau Diet?
Diet merupakan salah satu kegiatan untuk menurunkan berat badan. Saat ini diet sangat lumrah dilakukan oleh seseorang yang merasa dirinya kelebihan berat badan atau hanya sekedar menajaga tubuhnya dari kelebihan berat badan. Diet tidak hanya dilakukan oleh kaum hawa, tapi sekarang ini kaum adam juga banyak sekali yang menjalankan diet.

Terkadang kita merasa kesal karena sudah mencoba diet sehat tapi berat badan tak kunjung menurun.  Sepertinya Anda harus memperhatikan lagi makanan yang dikonsumsi. Sebab ada beberapa makanan sehat yang justru memungkinkan Anda menjadi lebih gemuk.

Dalam daftar yang disusun para ahli diet di Tesco, terdapat beberapa makanan yang dianggap sehat tapi justru menjadi penghambat ketika seseorang ingin menurunkan berat badannya. Dalam daftar tersebut disebutkan antara lain minyak zaitun, jus, ayam, granola, campuran buah dan kacang yang dikeringkan, serta biskuit rendah lemak.

Ahli Gizi, Catherine Matthew mengatakan orang berpikir bahwa beberapa buah atau smoothie sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral, padahal itu juga sarat akan gula bahkan ada yang kandungan gulanya lebih banyak daripada minuman bersoda.

"Misalnya kombinasi dari jus nanas, pisang, dan mangga memiliki 15,7 gram gula per 100 ml. Hampir 50 persen lebih banyak dari kandungan minuman bersoda yang hanya 10,6 gram per 100 ml," jelas Catherine seperti dilansir Daily Mail, Kamis (4/7/2013).

The British Dietetic Association telah melakukan 'perang' terhadap kebiasaan minum jus. Mereka mengingatkan bahwa buah atau sayur yang dijadikan jus akan kehilangan beberapa nutrisi yang akan ditemukan dalam buah atau sayuran utuh.

Dalam penelitian terbaru juga ditemukan bahwa konsumsi jus dalam jangka panjang bisa merusak enamel gigi karena sifat keasaman dalam jus tersebut.

Christine mengaskan jika orang ingin menurunkan berat badan, konsumsilah makanan tinggi protein saat sarapan, misalnya telur. "Itu cenderung akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama," kata Catherine. Ia juga merekomendasikan diet yang mengandung banyak buah dan sayuran.

"Selain itu bawalah sekitar sebotol air untuk minum sepanjang hari," sarannya. Berikut daftar makanan sehat yang bisa menggagalkan diet Anda, seperti yang diterbitkan ahli diet Tesco:

1. Smoothies

smoothies mungkin mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan. Tapi, minuman lembut itu juga sarat akan gula. Lebih baik cobalah buah segar.

2. Minyak zaitun

Minyak ini mengandung lemak tak jenuh dan lebih sehat dibanding mentega. Meski minyak zaitun dipercaya baik bagi jantung, tetap saja ini adalah minyak. Terdapat 50 kalori dalam satu sendok teh minyak zaitun.Cobalah sedikit minyak goreng sebagai pengganti minyak zaitun dengan cara disemprotkan.

3. Madu

Madu merupakan bahan makanan alami. Tapi pada dasarnya, madu banyak mengandung gula asli yang nutrisinya tidak terlalu baik bagi kesehatan. Cobalah mengonsumsi saus apel atau gula pengganti yang lainnya.

4. Jus

Minum jus jeruk, cranberry, atau apel adalah cara cepat menambah berat badan sampai 150 kalori per gelasnya. Jumlah ini lebih banyak dibanding kalori dalam 330 ml minuman soda, yaitu 139 kalori. Lebih baik minum air putih.

5. Roti cokelat

Meski warnanya coklat, tak menjamin roti ini sehat. Lebih baik konsumsilah gandum, roti gandum, atau gandum hitam.

6. Produk rendah lemak

Banyak biskuit atau yogurt yang diklaim mengandung rendah lemak, justru memiliki kandungan gula lebih banyak untuk mengurangi kandungan lemak di dalamnya. Lebih baik, coba yogurt plain dan buah segar.

7. Ayam

Ayam hanya sedikit mengandung daging, jika kulitnya dibuang dan jangan pernah mencoba mengolah ayam dengan digoreng. Coba olah ayam dengan menghilangkan kulitnya terlebih dulu lalu dipanggang. Membiarkan kulit tetap menempel pada daging dan mengolah ayam dengan digoreng, membuat kalori di dada ayam menjadi tiga kali lipat yaitu 300 kalori.

8. Campuran buah dan kacang kering

Pada beberapa kasus, campuran buah dan kacang kering terdiri dari kacang yang dibalut dengan garam, dan buah dibalut gula. Lebih baik konsumsilah kacang yang tidak mengandung garam dan buah berry.

9. Granola

Granola dibuat dari butiran gandum dan itu mengandung banyak kalori serta lemak. Cobalah ganti granola dengan bekatul dan buah segar yang dipotong-potong.

10. Wine

Mungkin wine sedikit bermanfaat bagi kesehatan. Tapi ingat, dalam satu gelas besar wine terkandung 225 kalori. Lebih baik, minum jus anggur atau white wine spritzer yang dipadukan dengan sprite zero.

by: Radian Nyi Sukmasari

Post a Comment for "Mau Diet?"