Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Mandi Air Dingin


Mandi adalah salah satu aktivitas kehidupan yang rutin dilakukan setiap hari. Biasanya mandi dilakukan sehari minimal 2 kali. Namun banyak orang yang lebih memilih mandi dengan air hangat daripada mandi dengan air dingin. Padahal banyak manfaat mandi air dingin bagi kesehatan tubuh dari pada mandi air hangat.

Berikut ini beberapa manfaat mandi dengan manggunakan air dingin:

Menyehatkan Kulit
Mandi dengan air dingin bisa menyehatkan kulit. Mandi dengan menggunakan air panas tidak baik untuk kesehatan kulit hal ini menyebabkan kulit kehilangan banyak kadar minyak. Kulit menjadi mudah mengalami penguapan, dan disarankan mandi pakai air dingin untuk menjaga agar kulit sehat dan segar.

Berfungsi Membentuk Kekebalan
Dengan mandi air dingin akan meningkatkan metabolisme. Yang akan meningkatkan panas tubuh sehingga menghidupkan sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih. Hal ini juga bisa meningkatkan sel darah putih.

Dapat Menghilangkan Racun
Dengan meningkatkan sirkulasi darah dapat berfungsi menghilangkan racun. Pada saat air dingin mengenai kulit maka pembuluh darah dibawah permukaan kulit akan mengkerut dan menyebabkan pengurangan sirkulasi darah namun bersamaan dengan mekanisme tekanan darah yang otomatis akan menghancurkan dan membentuk jaringan. Hal ini menyebabkan dorongan sirkulasi darah lebih besar, dan mengakibatkan peningkatan sirkulasi darah menjadi semakin kuat.

Menyegarkan Tubuh
Air dingin bisa menjadi terapi bagi tubuh dan dapat melawan kelelahan. Pada yang menderita kesulitan tidur, dengan mandi air dingin bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu juga mandi air dingin bisa memperdalam pernapasan.

Menyembuhkan Penyakit
Mandi air dingin dapat mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, mengurangi rasa nyeri, meningkatkan fungsi ginjal, dapat mengurangi pembengkakan dan mengatur sistem saraf otak.

Post a Comment for "Manfaat Mandi Air Dingin"