Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MAKANAN PENAWAR NYERI SENDI


Pernahkan kamu merasakan nyeri atau sakit di persendian? Biasanya, nyeri sendi menyerang mereka yang berusia 30 tahun ke atas. Bagian tubuh yang terasa nyeri di antaranya lutut, siku, leher, bahu, dan pinggul.

Untuk mengatasi nyeri persendian, kamu harus sering latihan pemanasan dan perenggangan. Selain latihan, kamu harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang bisa mengurangi rasa sakit. Apa saja ya makanan itu? berikut dilansir Boldsky, makanan yang baik untuk mengurangi rasa sakit di persendian.

1. Salmon

Ikan ini kaya asam lemak Omega-3. Untuk menyembuhkan nyeri sendi, sertakan salmon dalam menu makan kamu. Kandungan ini bisa mengurangi peradangan yang menjadi penyebab umum nyeri sendi. Selain salmon, bisa juga dengan mengonsumsi seafood lainnya yang kaya asam lemak Omega-3.

2. Berry

Stroberi dan blueberry adalah makanan yang paling efektif membantu mengurangi nyeri sendi. Menurut Journal of American College of Nutrition, stroberi dan berry lainnya mengurangi protein C-reaktif yang menyebabkan peradangan dan nyeri sendi. Selain itu, antioksidan pada buah, khususnya bioflavonoid yang dikenal sebagai quercetin dan anthocyanidins bisa mengurangi sebagian besar nyeri sendi.

3. Sayuran

Ketidakseimbangan dalam asam lemak Omega-3 dapat menyebabkan nyeri sendi. Untuk menyeimbangkan asupan asam lemak Omega-3, bisa dengan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, bawang, jahe. Hindari karbohidrat olahan seperti pasta, roti, gorengan, baka-bakaran, dan junk food untuk mengurangi nyeri sendi.

4. Minyak zaitun

Ada banyak manfaat kesehatan dari minyak zaitun. Minyak ini kaya antioksidan, rendah kalori, dan lemak. Dengan demikian minyak ini baik untuk kolesterol, jantung, dan tulang. Minyak zaitun mengurangi peradangan, nyeri sendi dan juga membantu menurunkan berat badan. Minyak zaitun umumnya digunakan untuk memasak. Oleh karenanya, gunakan minyak zaitun untuk memasak agar terhindar dari nyeri sendi.

5. Jus jeruk

Menurut peneliti, asupan Vitamin C yang tepat bisa mencegah seseorang dari degenerasi tulang, penyebab nyeri sendi belakang.

Selain mengonsumi makanan di atas untuk mengusir rasa nyeri sendi bisa dengan berjalan atau jogging teratur. Tentu saja berolah raga butuh waktu luang. Kemudian penyebab nyeri sendi bisa juga karena dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Untuk itu, kita harus minum banyak air.

Post a Comment for "MAKANAN PENAWAR NYERI SENDI"