Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tip Agar kita tidak cepat lupa atau pikun


Siklus hidup manusia;Bayi,Anak-anak,remaja,dewasa,tua,kakek-nenek,kemudian tiada.Bahkan ada dari mereka yang tak sampai menikmati siklus dan tahapan hidup manusia selanjutnya sudah terdahului oleh takdir hidupnya.Maka dari itu jika sampai saat ini kita masih dianugrahi hidup,dengan keadaan yang sempurna,masih dalam keadaan sehat wal afiat,maka sudah sepatutnya kita mensyukuri nikmat yang tak ternilai harganya ini.

Baik rasanya saya tidak ingin berpanjang lebar,singkat saja.Saya hanya ingin membagi tips yang baru saja berhasil saya dapatkan,kali ini mengenai tentang anjuran agar kita tidak cepat pikun,alias cepat lupa.Biasanya pikun selalu dikaitkan dengan faktor usia,tapi ternyata penemuan baru-baru ini,pikun tidak hanya menjangkiti para orang tua dan kakek-nenek,melainkan juga mengenai para anak muda dan dewasa.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dicoba,agar kita tidak cepat pikun.

# Budayakan Membaca dan Menulis
Salah satu cara agar kita tidak cepat pikun adalah dengan memberikan nutrisi pada otak kita,tepatnya memberikan olah raga pada otak.

Seorang pakar kesehatan otak,memberikan sebuah temuan,bahwa dengan membaca dan menulis apa yang sudah dibacanya adalah dapat meningkatkan kinerja otak.Dan dapat mencegahnya dari kepikunan.

Benarlah pepatah yang mengatakan “Pedang yang tidak pernah di asah,akan membuatnya menjadi tumpul dan berkarat.Begitupun juga otak,jika otak tidak di asah dan diberi nutrisi,maka akan cepat menurun kinerjanya”

# Olahraga Otak
Jika anda gemar dengan permainan catur,teka-teki silang,dan permainan otak lainnya,maka itu termasuk dalam olahraga otak.Membiasakan otak untuk selalu di pancing agar bekerja akan semakin menjauhkan seseorang dari kepikunan.

Tapi perlu diingat,jangan terlalu memforsir otak juga ya.Perhatikan juga waktu istirahatnya.Yakni dengan tidur sempurna antara 5-8 jam sehari.Bagi yang punya mobilitas tinggi waktu istirahat bisa saja menyesuaikan keadaan.

# Makan daging bebek Peking
Selain faktor dari dalam,perlu adanya pendukung dari faktor luar,seperti halnya makanan dan minuman yang bisa menunjang kinerja otak.

Yah,daging bebek memang sangat banyak nilai gizinya yang berguna bagi kesehatan.Termasuk untuk kesehatan otak.Salah satu nilai gizi yang terdapat pada daging bebek peking adalah Niacin.Dalam 100 gram daging beek mengandung 5.1 mgniacin,yang setara dengan 25 % asupan niacin yang dibutuhkan dalam sehari.

Tentu disamping banyak gizi dan manfaat yang terkandung dalam daging bebek peking,yang sangat bermanfaat bagi kesehatan otak dan tubuh kita.

# Makan Kedelai Hijau
Bagi anda yang tidak suka dengan daging bebek,bisa menggantinya dengan kedelai hijau.Kedelai hijau sangat membantu dalam metabolisme dan melancarkan pencernaan,memperbaiki rapuh tulang (Ostoeporosis),menambah daya tahan tubuh,menambah daya ingat,menstabilkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah (Diabetes),mengurangi kadar kolestrol,memperkuat jantung,memperbaiki kerusakan kulit,maag,asam urat dan lain-lain.


Post a Comment for "4 Tip Agar kita tidak cepat lupa atau pikun"