Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Bibir Menjadi hitam dan beberapa tips untuk menghilangkannya.



Bibir hitam identik dengan perokok, itu bukan satu-satunya alasan penyebab bibir hitam. Penyebab lainnya adalah konsumsi teh atau kopi berlebihan, penggunaan lipstik yang ternyata tidak cocok di bibir, terpapar matahari terlalu sering, dan terlalu sering menjilat bibir. 

Untuk mengatasi bibir hitam, beberapa hal berikut bisa dicoba:

1. Exfoliate: lakukanlah pengelupasan setiap hari untuk mengangkat sel kulit mati di bibir yang menyebabkan kekeringan pada bibir dan membuat bibir terlihat lebih kusam. Cukup gosokkan sikat gigi ke bibir secara perlahan setelah menyikat gigi pada malam hari untuk melakukan eksfoliasi reguler. Atau, campuran olive oil dan sugar pasir bisa dijadikan alternatif untuk melakukan eksfoliasi bibir. Cukup gosokkan perlahan campuran tersebut dengan menggunakan lap tangan dengan gerakkan memutar dan basuh setelahny. Gunakan dua kali seminggu.

2. Protect: karena salah satu penyebab bibir hitam adalah paparan sinar matahari, jangan lupa untuk menggunakan lip balm yang mengundang SPF.

3. Moisturize: penting untuk selalu menjaga kelembaban bibir supaya bibir tidak pecah-pecah dan menjadi kering lalu kemudian menghitam. Gunakan pelembab bibir apapun yang nyaman untuk bibir Anda. Sebelum mengaplikasikan lipstik, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan pelembab bibir. Madu juga dapat menjaga kelembaban bibir kita dan juga membuatnya lembut. Gunakanlah di malam hari, karena madu terasa agak lengket di bibir apabila digunakan pada siang hari.

4. Treat: 
1. Pelembab bibir
Sinar matahari dapat menyebabkan pigmentasi pada kulit, seprti pada kulit wajah. Gunakan pelembab bibir dengan SPF 15 yang dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari.

2. Kurangi Lipstik
Hindari pemakaian lipstik yang berlebihan, pilihlah kualitas lipstik yang baik. penggunaan lipstik jangka panjang dapat memberikan efek buruk pada bibir.

3. Jus jeruk dan yoghurt
Campurkan jus jeruk dan yoghurt, oleskan pada bibir dengan ujung jari, lakukan setiap hari. Asam nitrat dalam jeruk masuk kelapisan tua pada bagian atas dan membantu munculnya warna merah pada bibir.

4. Minyak almond
Setelah menggunakan jus jeruk dan yoghurt, kulit bibir bagian atas menjadi kering, minyak almond berfungsi sebagai pelembab dan mencerahkan pigmentasi.

5. Minyak Zaitun
Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun disebuah wadah kecil.
Campurkan sedikit gula pada tetesan minyak zaitun (atau bisa diganti dengan madu).
Bibir sudah harus bersih dari lipstik.
Oleskan ramuan diatas pada permukaan bibir anda.
Kemudian gosok-gosokkan dengan pelan ( fungsinya sebagai scrubbing ) dan terakhir di bilas.

5. Pengelupasan bibir.
Pengelupasan kulit bagian atas bibir bermanfaat bagi bibir, karena membantu agar bibir yang berwarna gelap tatap berada dibagian bawah.

6. Madu dan gula
oleskan campuran madu Asli atau Madu Sachet dan gula pada bibir. Gula mengandung asam glikolat yang menyerap kedalam kulit dan lapisan pigmen atas. Gula sebagai zat yang membantu pengelupasan karena sifat asam dan mudah larut.Lakukan hal ini setiap menjelang tidur.

7. Hindari rokok
Merokok dapat menyebabkan bibir menjadi hitam/gelap. Selain itu, menghindari rokok dapat bermanfaat bagi kesehatan.

8. Vitamin C
Vit-C dapat menhindari bibir menjadi gelap. vit-C dapat menekan produksi melamin, pigmen kulit yang menyebabkan pigmentasi pada kulit, Meminimalkan hyperpigmention yang disebabkan sinar matahari. Vit-C juga dapat meningkatkan kolagen dan membantu mengembalikan bibir yang berkerut.

Untuk menjaga agar bibir tidak hitam, bisa dengan cara-cara berikut:
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran.
  • Jika anda merokok, segeralah berhenti.
  • Hindari pemakaian lipstik yang berlebihan. Dan jangan terlalu lama lipstik menempel di bibir.
  • Lipstik jangan sampai dibawa tidur.
  • Jangan sering menjilat bibir karena akan membuat bibir kering.
  • Gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya untuk siang hari
  • Untuk menjaga kelembabanya, oleskan pelembab bibir tanpa warna sebelum tidur malam.

Jika Anda sudah mengamalkan berbagai tips memerahkan bibir tersebut, mudah-mudahan bibir Anda yang hitam akan menjadi merah. Karena bibir yang merah merekah membuat sang pemiliknya terlihat lebih manis saat tersenyum.

Post a Comment for "Kenapa Bibir Menjadi hitam dan beberapa tips untuk menghilangkannya."